04 May 2017 08:43 WITA

Beasiswa Etos Telah Dibuka, Ini Jadwal Pendaftarannya

Editor: Al Khoriah Etiek Nugraha
Beasiswa Etos Telah Dibuka, Ini Jadwal Pendaftarannya
Ilustrasi wisuda sarjana.

RAKYATKU.COM, MAKASSAR - Beasiswa Etos dari Dompet Dhuafa kembali dibuka. Bantuan dana pendidikan ini ditujukan bagi pelajar yang tengah mempersiapkan studi ke jenjang S1 di dalam negeri, untuk tahun akademik 2017. 

Beasiswa ini diutamakan bagi pelajar yang berasal dari keluarga kurang mampu. Beasiswa Etos dibuka untuk mereka yang telah diterima di Perguruan Tinggi Negeri (PTN) rekomendasi Dompet Dhuafa tahun 2017. Ada 16 PTN yang tersebar di 14 wilayah. Pendaftarannya baru akan dibuka pada pertengahan Mei 2017 ini. Namun, beasiswa ini juga terbuka bagi pelamar yang sedang mendaftar ke beasiswa lain, semisal Bidikmisi. 

Penerima Beasiswa Etos nantinya akan memperoleh Capacity Building berupa program pengembangan diri selama empat tahun, meliputi pembinaan reguler dan pembinaan sosial. Selain itu disediakan pula asrama mahasiswa selama dua tahun, yakni pada tahun pertama dan tahun kedua perkuliahan. Penerima beasiswa juga akan diberikan uang saku bulanan selama delapan semester sebesar Rp500 ribu per bulan nya, biaya pendidikan selama delapan semester, serta support prestasi dalam dan luar negeri, berupa bantuan pembiayaan untuk mengikuti kompetisi atau delegasi, baik di tingkat nasional maupun internasional. Adapula support prestasi yang diberikan antara Rp500 ribu hingga Rp3 juta, tergantung pada jenis dan level prestasi nya.

Tahun 2017 ini, Beasiswa Etos menyediakan 150 kuota penerima. Yang terbagi atas dua jalur penerimaan. Antara lain, 50 orang dari lolos seleksi masuk PTN melalui jalur SNMPTN dan 100 orang melalui SBMPTN.

Jadwal pendaftaran beasiswa ini disesuaikan dengan jalur masuk PTN tersebut. Untuk jalur SNMPTN, penerimaan berkas pendaftaran dilakukan pada 17 Mei hingga 31 Mei 2017. Sedangkan untuk jalur SBMPTN akan dibuka pada 14 Juni hingga 30 Juni 2017.

Untuk melakukan pendaftaran, calon penerima beasiswa harus mengisi format berkas yang telah disediakan oleh pihak Beasiswa Etos 2017. Format berkas tersebut dapat diunduh pada website resmi Beasiswa Etos 2017 di laman www.beastudiindonesia.net. Selanjutnya format berkas yang telah diisi beserta persyaratan pendukung dikirim langsung via pos ke alamat Beasiswa Etos di masing-masing daerah yang tertera pada website resmi nya.

Untuk informasi terkait persyaratan dan rincian tata cara pendaftaran, dapat dilihat pada website resmi Beasiswa Etos 2017 atau menghubungi pihak penyelenggara melalui markompendidikandd@gmail.com.

Adapun PTN Rekomendasi Beasiswa Etos 2017 :
1. Universitas Syiah Kuala, Nanggroe Aceh Darussalam
2. Universitas Sumatera Utara, Sumatera Utara
3. Universitas Andalas, Sumatera Barat
4. Universitas Indonesia, DKI Jakarta
5. Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah, Banten
6. Institut Pertanian Bogor, Jawa Barat
7. Institut Teknologi Bandung, Jawa Barat
8. Universitas Padjajaran, Jawa Barat
9. Universitas Diponegoro, Jawa Tengah
10. Universitas Gadjah Mada, DI Yogyakarta
11. Universitas Brawijaya, Jawa Timur
12. Universitas Airlangga, Jawa Timur
13. Institut Teknologi Sepuluh Nopember, Jawa Timur
14. Universitas Mulawarman, Kalimantan Timur
15. Universitas Hassanudin, Sulawesi Selatan
16. Universitas Pattimura, Maluku