Jumat, 28 April 2017 09:31 WITA

Begini Rencana Kemeriahan Hardiknas di Tangan None

Editor: Jumardin Akas
Begini Rencana Kemeriahan Hardiknas di Tangan None

RAKYATKU.COM, MAKASSAR -  Dinas Pendidikan (Disdik) Sulsel akan memperingati Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas) yang jatuh pada 2 Mei mendatang. Peringatan ini akan berbeda dari tahun-tahun sebelumnya.

Kadisdik Sulsel Irman Yasin Limpo (None) telah menyiapkan sejumlah rangkaian acara yang akan membuat Hardiknas Sulsel meriah tahun ini.

"Hardiknas tahun ini akan kita lakukan dengan berbagai macam kegiatan-kegiatan khusus untuk pelajar bukan lagi hanya seremonial saja untuk pejabat tapi untuk sekolah, siswa dan guru," ujar None, Jumat (28/4/2017). 

Kegiatan pertama akan dilakukan adalah seminar pendidikan yang melibatkan Kejati, Dewan Pendidikan dan akademisi sebagai pembicara dalam seminar pendidikan tersebut. 

"Seminar pendidikan ini untuk memotret pendidikan masa depan khususnya Sulsel dalam bingkai kerangka integritas sekolah," kata None.

Kegiatan kedua yaitu peluncuran diklat untuk sekolah. "Kita akan jadikan Sulsel sebagai pusat diklat sekolah inklusif di Indonesia, tentang bagaimana sekolah mengajar inklusif itu kita kerja sama dengan kementerian pendidikan untuk menjadikan Sulsel sebagai pusat diklat inklusif," paparnya. 

Ketiga, Disdik akan melakukan kirab pelajar dan prestasi, kegiatan ini akan melibatkan 100 pelajar putra-putri dari setiap Kabupaten. Setiap kabupaten wajib menghadirkan drum band. 

"Jadi semua sekolah akan mengarak benderanya sampai di kantor Disdik untuk di semayamkan, jadi nantinya akan ada 1.008 bendera dari semua sekolah berdiri di kantor Disdik," imbuhnya. 

Kegiatan terakhir yaitu lomba menyanyi antara kepala sekolah, setiap Kabupaten mengirim lima kepala sekolah, dua SMK dan SMA dan satu SLB. "Setiap sekolah harus membawa minimal 100 suporter. Jadi nanti penontonnya 2.400, tujuannya menjalin dan membina keakraban antara kepala sekolah lintas kabupaten," ucapnya. 

"Kegiatan ini dimulai 29 April mendatang hingga puncak perayaan Hardiknas 2 Mei di Rujab Gubernur dengan menggelar upacara," terangnya.