Kamis, 12 Mei 2016 19:26 WITA

Keren, Facebook Bikin Film Dokumenter di UNM

Penulis: Sartika Marzuki
Editor: Jumardin Akas
Keren, Facebook Bikin Film Dokumenter di UNM
Tim Facebook lakukan syuting film dokumenter di UNM

RAKYATKU.COM, MAKASSAR - Sebagai salah satu pengguna media kelase dengan rating tertinggi di Indonesia, Universitas Negeri Makassar (UNM) mendapatkan kesempatan untuk bekerjasama dengan Facebook dalam pembuatan film dokumenter mengenai pemanfaatan media kelase dalam proses pembelajaran.

Kelase merupakan sebuah platform media sosial khusus untuk pendidikan yang launching pada 2014. Media ini adalah bentuk sekolah masa depan untuk pelajar/mahasiswa yang tidak saja berbasis internet, tetapi lebih menekankan pada perangkat mobile.

Selain itu, kelase berfungsi membantu lembaga pendidikan dan komunitas dalam menyediakan layanan online untuk kolaborasi, pembelajaran, dan pertukaran pengetahuan dengan berbagai fitur, serta kemudahan akses.

Salah satu pendiri kelase, Winastawan Gora mengatakan, Facebook memilih UNM karena merupakan salah satu pengguna Kelase dengan rating tertinggi.

"Pengambilan gambar segmen perguruan tinggi kami di Indonesia,  memilih kampus ini dengan pertimbangan bahwa UNM merupakan pengguna kelase dengan jumlah terbesar," ujar Winastawan disela-sela pembuatan film, Kamis (12/5/2016).

Winastawan menyatakan, pembuatan film dokumenter ini akan ditayangkan di seluruh dunia, terutama materi-materi yang terkait dengan kegiatan Facebook.

loading...

Keren, Facebook Bikin Film Dokumenter di UNM

Sementara itu, Muhammad Riska, M.Pd salah satu dosen Fakultas Teknik yang telah menggunakan media kelase mengungkapkan, pemanfaatan media ini sangat menarik karena selain berguna dalam kegiatan pembelajaran, juga dapat digunakan mahasiswa untuk mengakses sosial media.

"Sangat menarik, sebab selain kegiatan pembelajaran mereka juga bisa bersosial media, termasuk video conference dengan pengajar dan sesama mahasiswa pengguna," papar dosen program studi Pendidikan Teknik Informatika dan Komputer (PTIK) ini.

Pengambilan gambar dilakukan tim Rumah Produksi Docpatch Films San Fransisco USA, Arfan Sabran (produser), Emile Bokaer (sutradara), Michael Dwyer (kameramen), Kevin Crowford (soundman), dan Yaysky (asisten kamera), sedangkan dari Facebook di wakili oleh Tom Gorman.

Pengambilan gambar ini mengikutsertakan 35 mahasiswa PTIK UNM dan dilakukan di Laboratorium Komputer Menara Pinisi UNM.

Loading...
Loading...