14 February 2017 10:13 WITA

Citizen Report

HMI Minta Lafran Pane Jadi Pahlawan Nasional

Editor: Andi Chaerul Fadli
HMI Minta Lafran Pane Jadi Pahlawan Nasional

RAKYATKU.COM - Ketua Umum Pengurus Besar (PB) Himpunan Mahasiswa Islam (HMI), Mulyadi P Tamsir berharap seluruh kader HMI dan pemerintah untuk memperjuangkan pemberian gelar pahlawan nasional kepada Prof Lafran Pane, penggagas berdirinya HMI. 

“Perjuangan dan kontribusi almarhum Prof Lafran Pane untuk  Indonesia sangat besar dan tidak perlu diragukan. Maka besar harapan kami kepada pemerintah untuk memberikan gelar pahlawan nasional kepada beliau," kata dia dalam keterangan tertulis yang diterima Rakyatku.com, Selasa (14/2/2017).

Hal itu disampaikan saat perayaan malam puncak Dies Natalis ke-70 HMI di Smasco Hall Indonesia. Kegiatan ini juga dihadiri Menteri Pemuda dan Olahraga Imam Nahrawi, KAHMI, Pimpinan Organisasi Cipayung Plus, dan Pimpinan Badko/ Cabang HMI Seluruh Indonesia.

Selain pengusulan pahlawan nasional, Mulyadi juga mengingatkan kadernya untuk mewaspadai masuknya ideologi-ideologi asing. “Masuknya ideologi-ideologi asing di bangsa ini, merupakan ancaman besar bagi keutuhan NKRI. Perang asimetris menjadi salah satu cara untuk melemahkan kekuatan bangsa ini," jelasnya. 

HMI, menurut dia, memiliki peran penting dalam mencegah paham-paham yang dapat merusak spirit Pancasila. "Dan menjadi garda terdepan dalam merawat kebhinekaan dengan selalu membawa visi keumatan dan kebangsaan,” kata Mulyadi.

Menteri Pemuda dan Olahraga, Imam Nahrowi juga turut hadir dan memberikan sambutan mewakili pemerintah. "Semoga tetap konsisten dalam berjuang untuk keumatan dan kebangsaan. Saya Juga berharap HMI menjadi gerbang terdepan dalam penerapan nilai-nilai ke Islaman dan menjadi perajut kebhinekaan dan NKRI,” kata Imam.

Penulis: Humas Kegiatan, Usep Mujani

Tags
HMI