13 February 2017 17:24 WITA

Akper Anging Mammiri Kirim Mahasiswa ke RS Sadikin Bandung

Editor: Jumardin Akas
Akper Anging Mammiri Kirim Mahasiswa ke RS Sadikin Bandung

RAKYATKU.COM, MAKASSAR - Akper Anging Mammiri tahun ini akan membawa sebanyak 245 mahasiswa program D3 Jurusan Keperawatan, untuk melakukan praktik lapangan, di RS Hasan Sadikin Bandung dan RSJ Cisarua Cimahi, pada Juli mendatang.

Direktur Anging Mammiri, Dr Halwatiah mengatakan, pemilihan lokasi tersebut dikarenakan telah dilakukan kerja sama antar pihak kampus dan rumah sakit.

Selain itu, katanya, dua rumah sakit tersebut dinilai memiliki banyak keunggulan, untuk para mahasiswa menempa ilmu. "Kedua RS merupakan salah satu rumah sakit yang bertaraf internasional dan menerapkan  metode pembimbingan," ujarnya.

Dia membeberkan, dua RS tersebut betul-betul memberikan pembimbingan khusus bagi mahasiswa yang akan menjalani praktik. Seperti, mahasiswa nantinya juga dapat melakukan pengobatan dan perawatan langsung kepada pasien.

"Jadi dokternya itu cuma berada di sampingnya dan melihat mahasiswa itu merawat. Di situ keunggulannya, karena mahasiswa bisa 'pegang' pasien," paparnya.

Namun, sebelum itu, pihak RS juga punya prosedur yang telah ditetapkan. Diungkapkan Dr Halwatiah, sebelum praktik, mahasiswa akan diberi ujian tertulis, perihal bagaimana kerja-kerja seorang perawat. 

"Jadi tantangannya juga, kalau tidak lulus, berarti belum bisa merawat langsung pasien. Tapi tetap akan dibimbing di sana. Nanti kalau sudah bisa lulus, baru bisa bertugas seperti perawat lainnya," ucapnya.

Nantinya, mahasiswa akan melakukan praktik selama 6 pekan. Tiga pekan di RS Hasan Sadikin dan tiga pekan di RSJ Cisarua Cimahi.