Sabtu, 21 Januari 2017 09:31 WITA

Kemendikbud Prioritaskan Guru PPG-SM3T 

Editor: Sulaiman Abdul Karim
Kemendikbud Prioritaskan Guru PPG-SM3T 
Menteri Pendidikan dan Kebudayaan RI, Muhadjir Efendy, berfoto bersama Bupati Gowa, Adnan Purichta IYL, Jumat (20/1/2017).

RAKYATKU.COM, MAKASSAR - Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) RI akan memprioritaskan guru yang berprofesi PPG-SM3T di tahun 2017. 

Menurut Mendikbud, Muhadjir Efendy, di tahun 2017 guru yang diterima tidak terlalu akan banyak. Sebab anggaran yang dimiliki oleh pemerintah terbatas. "Hanya sebanyak 6.000 guru yang akan diterima tahun ini. Dan itu diprioritaskan untuk guru yang berprofesi di PPG-SM3T," ujar Muhadjir Efendy.

Ia mengungkapkan, tenaga guru yang paling dibutuhkan untuk saat ini adalah untuk mengajar di daerah teringgal. "Makanya kita prioritaskan guru yang berprofesi di PPG-SM3T. Karena mereka sudah berpengalaman. Dan memang masih kurang sekali guru yang berada di daerah tertinggal di seluruh Indonesia," katanya.

Kondisi ini, lanjut Muhajir, menguntungkan kepada mahasiswa UNM yang baru saja diwisuda pada prodi Pendidikan Profesi Guru (P3G) Pasca Program Sarjana Mendidik di Daerah Terdepan, Terluar dan Tertinggal (SM3T). Kemarin Jumat (20/1/2017) UNM mencetak sebanyak 246 lulusan PPG-SM3T.

Sementara itu, Rektor UNM Prof Husain Syam, meminta agar setiap guru meningkatkan kualitasnya. "Karena nantinya akan membimbing anak-anak bangsa menjadi penerus yang memiliki daya saing," tutupnya.