13 January 2017 21:42 WITA

Persiapkan Dirimu untuk Ikuti Prisma 17 Unismuh

Editor: Almaliki
Persiapkan Dirimu untuk Ikuti Prisma 17 Unismuh

RAKYATKU.COM, MAKASSAR - Untuk kesekian kalinya, Himpunan Mahasiswa Jurusan Pendidikan Matematika Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah (Unismuh) Makassar mengelar Proyeksi Kreativitas Ilmiah Mahasiswa Matematika tahun 2017 (Prisma 17).

Kegiatan Prisma 17 ini terdiri dari dua kegiatan, yakni Lomba Matematika Nasional dan Seminar Internasional Pendidikan.

Kegiatan yang mengangkat tema 'Aksi Nyata Menuju Generasi Emas' ini akan digelar selama dua pekan, sejak Senin 16 Januari hingga, 27 Februari 2017.

Menurut panitia pelaksana, Wahyuni Bahtiar, Lomba Matematika Nasional tingkat SD, SMP dan SMA ini merupakan kegiatan tahun Himpunan Mahasiswa Jurusan Pendidikan Matematika. 

Para pesertanya pun berasal dari seluruh provinsi yang ada di Indonesia.

"Khusus untuk lomba matematika ini, peserta dari seluruh Indonesia. Para peserta ini akan melewati tiga tahap sebelum keluar sebagai peserta. Pertama, mereka akan diseleksi di masing-masing rayon (daerah), kedua, mengikuti semifinal dan final di Makassar," kata Wahyuni Baktiar saat berkunjung di redaksi Rakyatku.com, Jumat (13/1/2017).

Wahyuni juga menjelaskan, kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan dan memersiapkan Sumber Daya Manusia (SDM) menuju pendidikan Nasional. Terkhusus memberikan pemahaman matematika pada tingkat SD, SMP dan SMA.

"Pada intinya, ini bertujuan untuk menciptakan generasi emas. Generasi energik, generasi multitalenta, aktif dan spiritual. Karena tidak bisa dimungkiri, banyak generasi bangsa yang punya bakat untuk itu perlu dibina supaya bisa bersaing di era globalisasi," jelasnya.

Untuk para pelajar setingkat SD, SMP dan SMA ini terdiri dari dua orang dalam satu tim, yang merupakan utusan masing-masing sekolah. Untuk terlibat sebagai peserta lomba, setiap tim harus membayar uang registrasi. Pada tingkat SD sebesar Rp 150 ribu, SMP Rp 170 ribu, dan SMA Rp 200 ribu.

Sementara untuk pendaftarannya, para peserta bisa mendaftar secara langsung ke posko pendaftaran di setiap daerah. Selain itu juga, bisa melalui Prisma17mtk.blogspot.com dan Prisma.mtkunismuh@gmail.com

Selain itu, untuk seminar internasional pendidikan, akan digelar pada 25 Februari 2017 mendatang. Kegiatan yang dibuka untuk umum ini, direncanakan akan menghadirkan beberapa pembicara yang berasal dari Indonesia dan dari luar Indonesia.