13 January 2017 13:48 WITA

Mendikbud Prioritaskan Ujian Nasional Berbasis Komputer

Editor: Mulyadi Abdillah
Mendikbud Prioritaskan Ujian Nasional Berbasis Komputer
Muhadjir Effendy

RAKYATKU.COM - Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) RI, Muhadjir Effendy memprioritaskan Ujian Nasional tahun anggaran 2016/17 melalui Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK).

Untuk itu, Mendikbud telah menerbitkan surat edaran yang ditujukan kepada seluruh kepala daerah di Indonesia. Dalam surat itu, ada 4 poin yang disampaikan.

Pertama, mewajibkan dan menetapkan setiap sekolah (kecuali SLB) yang sudah memiliki komputer dengan kapasitas lebih dari 20 unit dan satu unit server untuk melaksanakan UNBK. 

Kedua, sebagai langkah optimalisasi seluruh komputer yang ada, mohon bantuan untuk menginstruksikan kepada kepala dinas provinsi dan kabupaten/kota untuk menetapkan sekolah yang belum dapat melaksanakan UNBK disekolahnya sendiri, agar siswanya mengikuti UN ditempat pelaksanaan UNBK yang berada dalam radius maksimal lima kilometer. Kemdikbud telah menyiapkan aplikasi pada laman http://spasial.data.kemdikbud.go.id/unbk/ yang dapat digunakan untuk melakukan proses pemanfaatan bersama fasilitas komputer sekolah ini.

Ketiga, untuk memungkikan pemanfaatan bersama komputer yang dimiliki sekolah, madrasah maupun pendidikan keseteraan, Kemdikbud telah menetapkan jadwal pelaksanaan UN yang berbeda untuk setiap jenjang.

Keempat, Pemda (sesuai dengan kewenangannya) diharapkan dapat memanti pemenuhan atau pengadaan kelengkapan komputer bagi sekolah-sekolah yang belum memiliki komputer, terutama sekolah yang berlokasi jauh dari sekolah pelaksana UNBK (dengan tetap mempertimbangkan ketersediaan listrik).