02 January 2017 21:09 WITA

Rumah Tahfiz Qaf Gelar Kemah Anak-anak Penghapal Al Quran

Editor: Sulaiman Abdul Karim
Rumah Tahfiz Qaf Gelar Kemah Anak-anak Penghapal Al Quran
Para santri Rumah Tahfiz Quranic Forum (Qaf) Maros. Foto: Muh Basri

RAKYATKU.COM, MAROS - Rumah Tahfiz Quranic Forum (Qaf) kembali menggelar Kemah Quran di Taman Wisata Alam Bantimurung. Ini merupakan kemah quran yang ketiga kalinya yang digelar Qaf. 

Kemah quran ini diikuti oleh 40 santri dan santriwati rumah tahfiz Qaf. Ketua Lembaga Qaf Maros Nurhikmah mengatakan, peserta yang mengikuti kegiatan ini melalui proses seleksi dan kali ini diikuti oleh 40 anak. 

"Syarat peserta kemah quran kali ini hafalan minimal 2 juz yaitu juz 29 dan 30. Kemudian kehadiran santri selama mengikuti kelas tahfiz harus diatas 80 persen selama setahun terakhir," ujar Nurhikmah Senin (2/1/2017). 

Kemah Quran ini kata Nurhikmah menjadi agenda tahunan rumah tahfiz Qaf dan digelar tiap tanggal 1 Januari dan digelar selama dua hari. 

Beberapa agenda dalam kemah quran ini adalah murajaah atau mengulang hapalan 2 juz, target tilawah 8 juz, menambah hapalan surah, serta berbagai permainan anak.

"Kali ini tambahan hapalan anak-anak yang ikut kemah surah As-Sajadah. Mereka harus menghapalkannya minimal 1 halaman sebelum kemah quran selesai. Selain itu anak-anak juga diberi berbagai permainan seperti permainan sambung ayat alquran dan kuis menebak surah alquran," jelasnya.

Dia berharap kemah quran ini memberi alternatif liburan bagi anak-anak tidak hanya sekedar liburan tapi tetap berinteraksi dengan alquran. Qaf sendiri merupakan lembaga quran yang ada di Maros dengan jumlah santri lebih dari 100 santri. Qaf memiliki Program tahfiz yang dapat diikuti oleh anak-anak usia 6 sampai 12 tahun.