Kamis, 08 Desember 2016 18:11 WITA

Soal Moratorium UN, Pemerintah Diminta Kaji Dulu Sebelum Berwacana

Editor: Jumardin Akas
Soal Moratorium UN, Pemerintah Diminta Kaji Dulu Sebelum Berwacana

RAKYATKU.COM, MAROS - Kabar penolakan moratorium ujian nasional (UN) ditanggapi beragam pihak Dinas Pendidikan di daerah. Mereka diantaranya meminta pemerintah tak terlalu banyak berwacana sebelum melakukan pengkajian mendalam. 

Kepala Bidang Peningkatan Mutu Pendidik dan Tenaga Kependidikan (PMPTK) Diknas Maros, Arman Arsyad mengatakan, pihak Diknas Maros siap saja melaksanakan UN.  "Kita tetap bersiap, dan tidak ada masalah," ujarnya. 

Meski begitu, pihaknya menyarankan ke pemerintah pusat agar kebijakan yang bersifat nasional dibuatkan kajian mendalam terlebih dahulu kemudian diwacanakan. Sebab, selama ini kata Arman, ketika ada kebijakan dibuatkan wacana terlebih dahulu baru kemudian dikaji. Hal ini lanjutnya memunculkan pro dan kontra dan kebingungan di tingkat daerah.

"Pemerintah pusat jangan buat statement dulu baru dikaji karena kita yang didaerah bingung dan ini bukan pertama kalinya, sebelumnya Kurikulum 13 juga seperti itu," bebernya. 

Dia menambahkan, jika ada yang perlu diperbaiki dari UN adalah mekanisme dan prosedur serta harus ada evaluasi standar. "Jangan mau basmi tikus, lumbungnya yang dibakar," pungkasnya.