29 November 2016 13:47 WITA

UN Dihapus, Adnan Sebut Gowa Pelopor Utama

Editor: Jumardin Akas
UN Dihapus, Adnan Sebut Gowa Pelopor Utama
Bupati Gowa Adnan Purichta Ichsan

RAKYATKU.COM, GOWA - Bupati Gowa, Adnan Purichta Ichsan menyebut Kabupaten Gowa sebagai pelopor pendidikan penghapusan Ujian Nasional (UN). 

Bahkan Bupati Termuda di Kawasan Timur Indonesia itu merasa bangga jika UN dihapus oleh kementerian pendidikan dan kebudayaan (Kemendikbud).

"Ini membanggakan karena baru saja diresmikan oleh Kemendikbud bahwa ujian nasional dihapuskan sejak tahun 2016 ini. Bangganya kami karena di Gowa sudah hapuskan UN sejak lima tahun lalu. Inilah kebanggaan karena Gowa menjadi pelopor penghapusan UN dan sudah mulai diterapkan di daerah lainnya," jelas Adnan. 

Ujian Nasional (UN) yang selama ini membuat gelisah para siswa baik di tingkat SD hingga SMA tidak akan lagi menjadi momok menakutkan. Sebab, UN mulai di tingkat sekolah dasar hingga menengah atas sudah ditiadakan. Dan mulai tahun pelajaran 2016 ini seleksi ujian kelulusan dilakukan di tingkat daerah.

Adnan mengatakan, inovasi pendidikan di Gowa diterapkan sejak tahun 2005 oleh bupati sebelumnya dan tetap berjalan hingga kepemimpinannya saat ini terjadi peningkatan luar biasa.

"Perkembangan di Gowa dalam kurun satu tahun terakhir ini, antara lain Gowa menjadi daerah dengan tingkat kelulusan siswa khususnya SMA sederajat di Sulsel bahkan KTI untuk jalur undangan ke perguruan tinggi baik negeri maupun swasta mencapai 511 siswa yang lolos tanpa tes," tambah Adnan. Selasa (29/11/2016).

Sementara Nirmala, salah seorang orangtua siswa di Sungguminasa mengaku senang dengan dihapusnya UN secara nasional ini. "Berarti mulai tahun ini anak-anak saya tidal mesti cemas lagi mengikuti ujian nasional. Mereka cukup konsentrasi pada ujian sekolahnya saja," kata Nirmala.