Kamis, 28 April 2016 11:16 WITA

Ini 2 Prodi Terbaru di UNM

Penulis: Sartika Marzuki
Editor: Andi Chaerul Fadli
Ini 2 Prodi Terbaru di UNM
Pembantu Rektor I, Prof Dr Sofyan Salam saat ditemui Rakyatku.com di Gedung Pinisi UNM lantai 6, Rabu (27/4/2016). Foto: Sartika/Rakyatku.com

RAKYATKU.COM, MAKASSAR - Universitas Negeri Makassar (UNM) membuka program studi (Prodi) Bahasa Mandarin dan Administrasi Negara tahun ini. Prodi teranyar itu berada di bawah naungan Fakultas Bahasa dan Sastra serta Fakultas Ilmu Sosial.

"Untuk pendidikan akademik Strata 1 (S1), kami mendapatkan dua prodi baru yang pendaftarannya dibuka setelah SNMPTN dan SBMPTN selesai, yakni pada seleksi jalur mandiri," kata Pembantu Rektor I, Prof Dr Sofyan Salam saat ditemui Rakyatku.com di Gedung Pinisi UNM lantai 6, kemarin.

Masing-masing prodi baru itu hanya menyediakan satu kelas untuk tahun ini karena pihak kampus masih ingin melihat minat pendaftar.

"Cara pendaftarannya sama dengan mekanisme mandiri yang ada, mendaftar secara online, mencetak kartu tes, ikut ujian tertulis, dan menunggu hasil pengumuman," jelasnya.

loading...

Kendala saat ini adalah belum tersedianya dosen tetap atau tenaga pengajar yang berstatus Pegawai Negeri Sipil (PNS) dalam bidang Bahasa Mandarin. Sehingga kemungkinan besar pihak UNM akan mencari dosen luar untuk menangani hal itu.

"Mungkin kami akan menyurat ke Kedutaan Besar Cina. Siapa tahu ada tenaga sukarelawan yang bisa membantu," tambahnya.

Latarbelakang pembukaan prodi baru itu, menurut Sofyan, ialah tingginya peminat Bahasa Mandarin di berbagai daerah di Indonesia. Selain itu UNM juga menyadari pentingnya Bahasa Mandarin sebagai salah satu bahasa Internasional dalam membangun komunikasi dan kerja sama dengan negara lain.

Tags
Loading...
Loading...