Selasa, 10 Maret 2020 19:06 WITA

Kabar Gembira, Pendaftaran Sekolah Pariwisata Negeri Bisa Dimana Saja

Editor: Fathul Khair Akmal
Kabar Gembira, Pendaftaran Sekolah Pariwisata Negeri Bisa Dimana Saja

RAKYATKU.COM - Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, patut diapresiasi. Itu setelah meluncurkan website pendaftaran Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri Pariwisata (SIM PINP), di bawah naungan Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Selasa (10/3/2020).

Kegiatan yang meriah ini, berlangsung di Balairung Wayan Bendhi, Kampus Politeknik Pariwisata Negeri Makassar.

Prosesi "Grand Launching" dilakukan langsung Kepala Pusat Pengembangan SDM Parekraf, Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Dr Anggara Hayun Anujuprana, ST.MT.

Kegiatan launching tersebut, berlangsung meriah serta dihadiri oleh para tamu undangan dari berbagai kalangan. Para undangan itu, antara lain; Pimpinan Perguruan Tinggi Negeri Pariwisata, di bawah naungan Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Dinas Pariwisata Provinsi Sulawesi Selatan, Dinas Pariwisata Kota Makassar.

Selain itu, ada juga dari perwakilan Dinas Pariwisata Kabupaten Barru, Program Studi Antropologi Universitas Hasanuddin, Siswa SMA/SMK, Asosiasi di bidang pariwisata seperti PHRI, ASITA, IHCA, IHGMA, dan lain-lain.

Sekadar informasi, saat ini, terdapat enam Perguruan Tinggi Negeri Pariwisata (PTNP), di bawah naungan Kementerian Pariwisata. Yakni Sekolah Tinati Pariwisata (STP) Bandung, Politeknik Pariwisata Bali, Politeknik Pariwisata Makassar, Politeknik Pariwisata Medan, Politeknik Pariwisata Palembang, dan Politeknik Pariwisata Lombok.

Kabar Gembira, Pendaftaran Sekolah Pariwisata Negeri Bisa Dimana Saja

Proses pendaftaran SBM-PTNP ini, merupakan bentuk implementasi, atau salah satu bukti dalam pengaplikasian era Pendidnan 4.0. Dimana calon peserta didik, tidak lagi melakukan pendaftaran di perguruan tinggi negeri pariwisata yang diinginkan, secara manual. Tetapi dapat dilakukan dengan online melalui website http://sbmptnp.kemenparekrat.go.id/.

SBM-PTNP di bawah naungan Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif itu telah dimulai sejak tahun 2016. Itu dengan nama Seleksi Bersama Masuk Sekolah Tinggi Akademi dan Politeknik Pariwisata
(SBM-STAPP).

Selain itu, keenam Perguruan Tinggi Negeri Pariwisata tersebut, juga menyelenggarakan seleksi mandiri, yang disebut Seleksi Masuk Mandiri.

loading...

Ketua Panitia SBM PINP Tahun 2020, Drs. Muhammad Arifin M.Pd, yang juga  Direktur Politeknik Pariwisata mengatakan, tujuan dari seleksi bersama ini adalah untuk memberi akses yang lebih memudahkan. 

Juga, memberi kesempatan yang lebih besar bagi lulusan sekolah menengah atas (SMA/SMK/MA) di seluruh Indonesia, untuk mendapatkan pendidikan tinggi berkualitas, dan berstandar global di keenam perguruan tinggi milik Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif tersebut. 

Selain Itu, dengan model seleksi bersama, keenam perguruan tinggi tersebut, memiliki peluang yang lebih besar, untuk mendapatkan calon mahasiswa terbaik dari berbagai wilayah di Indonesia.

Dengan sistem penerimaan terpadu tersebut, diharapkan para calon mahasiswa dapat mengikuti seleksi di enam kota utama pendidikan. Yaitu di Medan, Bandung, Bali dan Makassar. Terbuka kesempatan bagi peserta tes, untuk memilih perguruan tinggt dan program studi manapun, tanpa harus mengikuti test di kota tempat Perguruan Tinggi tersebut berada.

Proses pendaftaran SBM-PTNP dibuka mulai tanggal 10 Maret 2020 hingga 20 Mei 2020 melalui website http://sbmptnp.kemenparekraf.go.id/ Seluruh informasi dan prosedur pendaftaran seleksi masuk, juga dapat dilihat melalui website pendaftaran tersebut.

Proses pelaksanaan seleksi melalui jalur SBM-PTNP akan melalui beberapa tahapan. Yakni: Pendaftaran Online, Tes Seleksi Tahap 1 yaitu Psikotes dan Bahasa Inggris. 

Selain itu, Pengunguman Seleksi Tahap 1, Tes Seleksi Tahap 2 yaitu Pemeriksaan Kesehatan dan Wawancara serta yang terakhir adalah Pengumuman Tahap 2.

Berikut Jadwal Pelaksanaan SBM-PTNP 2020:

- Pendaftaran
10 Maret - 20 Mei 2020
- Melihat Ruang Test Seleksi
Tes Seleksi Tahap 1
• Tertulis Psikotes
• Tertulis Bahasa Inggris
-Pengumuman Seleksi Tahap 1
Periode Pemeriksaan Kesehatan :
-13 - 21 Juni 2020
:2-3 Juni 2020
:13 Juni 2020
: 22-23 luni 2020
-Tes seleksi Tahap 2
• Penyerahan Hasil Pemeriksaan Kesehatan
Wawancara
:27 Juni 2020
Dan, Pengumuman Tahap 2

Loading...
Loading...