Minggu, 23 Februari 2020 19:01 WITA

Universitas Terbuka Majene Gelar Pelatihan Tutor TTM di Mamasa

Editor: Adil Patawai Anar
Universitas Terbuka Majene Gelar Pelatihan Tutor TTM di Mamasa

RAKYATKU.COM, MAKASSAR - Unit Program Belajar Jarak Jauh Universitas Terbuka (UPBJJ-UT) Majene menggelar pembekalan tutor Tutorial Tatap Muka (TTM) di SMAN 1 Mamasa, Minggu 23 Februari 2020.

Kegiatan ini diikuti oleh Dosen, Guru/Pendidik, dan beberapa profesi lainnya yang menjadi mitra UT dalam memberikan Tutorial bagi mahasiswa UT yang berasal dari Mamasa.

Pada pembukaan kegiatan ini , Manager BBLBA Drs. Abdul Latif, S.Pd., M.Pd, menyampaikan bahwa kegiatan ini dilaksanakan untuk memberikan pelatihan atau pembekalan untuk Tutor sebagai pedoman dalam melaksanakan tutorial pada Mahasiswa UT yang sistem belajarnya berbeda dengan Perguruan Tinggi lain pada umumnya.

Sistem belajar jarak jauh yang dilaksanakan di UT berbeda dengan kampus lainnya, yaitu Tutorial Tatap Muka antara Tutor dan mahasiswa hanya sebanyak 8 kali TTM sehingga Tutor perlu mengarahkan dan memfasilitasi mahasiswa agar dapat belajar mandiri selain 8 kali TTM tersebut.

"Pelatihan ini selalu dilaksanakan sebelum TTM di mulai, untuk terus mengingatkan kepada tutor hal-hal yang harus dilakukan sebelum dan sesudah TTM. Selain itu pada pelatihan ini Tutor juga dibekali cara untuk memotivasi mahasiswa, cara belajar mandiri dan bagaimana pelakasanaan," ujarnya.

loading...

Universitas Terbuka Majene Gelar Pelatihan Tutor TTM di Mamasa

Selain itu dalam kegiatan ini, para Tutor diberi materi tentang Pengenalan Sistem Pendidikan Jarak Jauh di UT, Konsep Belajar Jarak Jauh, Keterampilan Dasar Tutorial, Pengembangan Model dan Metode Tutorial, Pengembangan KIT Tutorial, Rancangan Acara Tutorial (RAT), Satuan Acara Tutorial (SAT), Kisi-kisi Tugas Tutorial dan Tugas Tutorial, Penilaian dan Cara menginput Nilai mahasiswa serta Praktik Tutorial.

Latif mengharapkan agar kegiatan ini dapat bermanfaat bagi para Tutor dalam melaksanakan kegiatan Tutorial di Pokjar masing-masing sehingga Tutorial Tatap Muka ini berjalan dengan baik dan lancar.

"Masa registrasi 2020.1 ini pokjar Mamasa ada 14 kelas yang terbuka 12 kelas Pendas dan 2 kelas untuk Non-Pendas," tutupnya.

Loading...
Loading...