Senin, 30 Desember 2019 15:18 WITA

Dosen Pendidikan Bahasa Inggris UMI Gelar Pengabdian di MTSN 1 Makassar

Editor: Adil Patawai Anar
Dosen Pendidikan Bahasa Inggris UMI Gelar Pengabdian di MTSN 1 Makassar

RAKYATKU.COM - Dua dosen Pendidikan Bahasa Inggris Universitas Muslim Indonesia, Awaluddin Syamsu, S.Pd.I.,MA.TESOL dan Muhajir, SS.,M.Pd.,PhD, melakukan pengabdian di MTSN 1 Makassar.

Pengabdian ini dalam bentuk mengajarkan lagu-lagu Bahasa Inggris untuk meningkatkan kosakata siswa-siswi kelas VII. Pengabdian ini dibiayai oleh LPKM UMI. 

Ada lima lagu-lagu yang dipilih dalam kegiatan ini yaitu The Alphabet Song, B-I-N-G-O Dog, Old MacDonald Had a Farm, Wheels on the Bus, dan yang terkahir adalah Head, Shoulders, Knees, and Toes. 
Lagu-lagu ini dipilih karena sangat familiar digunakan dalam mengajarkan anak-anak bahasa Inggris untamnya dalam meningkatkan kosakata sehari-hari. 

Pengabdian ini tidak hanya sekedar melakukan pengajaran di sekolah selama 3 minggu  tetapi untuk mempelajari efektifitas pengajaran lagu-lagu untuk meningkatkan kosakata siswa-siswi kelas VII di MTSN 1 Makassar. Selain itu pengabdian ini juga mencari tahu faktor-faktor yang mempengaruhi kesuksesan pengajaran lagu-lagu. 

Dosen Pendidikan Bahasa Inggris UMI Gelar Pengabdian di MTSN 1 Makassar

Hasilnya menunjukkan bahwa sukses tidaknya lagu-lagu ini dalam meningkatkan kosakata siswa-siswi di pengaruhi oleh beberapa faktor. Faktor pertama adalah pemilihan lagu harus berdasarkan tingkat kemampuan siswa. 

loading...

Dalam pengabdian ini terlihat bahwa siswa yang memiliki kemampuan Bahasa Inggris yang sudah baik dan mereka yang sudah menghafal lagu-lagu yang akan diajarkan tidak menigkat kosakatanya secara signifikan. Selain itu mereka cendrung mengganggu yang lainya dan tidak memperhatikan guru saat mengajar. 

Adapun mereka yang memang tidak memiliki dasar yang baik mereka lebih aktif dan memperhatikan guru dan sangat antusias ketika menghafal lagu-lagu. Mereka ini memiliki kosakata yang meningkat drastik. Mereka juga cendrung lebih mudah untuk diatur.

Dalam pengabdian ini ditemukan pula bahwa ketika mengajarkan lagu-lagu maka seharunya tidak hanya mengajarkan lagu-lagunya saja akan tetapi harus diintegrasikan dengan metode atau games yang lain. 
Beberapa metode atau games yang bisa diintegrasika adalah dengan memainkan whispering games. Dalam game ini anak-anak diminta untuk menghafal lirik lagu lalu anak-anak diminta untuk membisikkan lyric lagu ini ketemannya yang lain. 

Permainan ini di mainkan dalam kelompok satu kelompok sabaiknya minimal 7 orang. Adapun lirik yang dihafal cukuk beberapa bait saja. 

Selain whispering game ada juga flash card. Jadi sebelum mengajarkan lirk lagu maka beberapa kosakata penting akan dicarikan gambarnya dan diajarkan terlebih dahulu sebelum di ajarkan lagu-lagu. Flash card ini sangat bagus karena para siswa sangat antusias.

Loading...
Loading...