Sabtu, 14 Desember 2019 10:59 WITA

Politekni ATI Makassar Gelar Pelatihan Labview National Instrument

Penulis: Febrina Rahayuni
Editor: Adil Patawai Anar
Politekni ATI Makassar Gelar Pelatihan Labview National Instrument

RAKYATKU.COM, MAKASSAR - Prodi Otomatis Sistem Permesinan Politeknik ATI Makassar menggelar Pelatihan Labview National Instrument mulai 9-13 Desember. Pelatihan yang diikuti 11 dosen Politeknik ATI Makassar menghadirkan Yasrof Adtyo Mahardihiko,BEng.,MSc, dengan tujuan untuk kompetensi dosen terutama dalam bidang programming.

Ketua Prodi Otomasi Sistem Permesinan, Atikah Tri Budi Utami mengatakan, labview sebagai salah satu software programming yang user friendly dan powerfull.

"Software ini cukup mudah di pahami dan dapat terkoneksi dengan hardware dari third party. LabVIEW merupakan singkatan dari Laboratory Virtual Instrument Engineering Workbench. LabVIEW adalah Software yang dikembangkan oleh National Instrument, merupakan sebuah software untuk membuat aplikasi yang berbasis grafis (graphical programming)," jelas Atikah Tri Budi Utami.

Politekni ATI Makassar Gelar Pelatihan Labview National Instrument

Atikah menambahkan, berbeda dengan bahasa pemrograman lainnya yang biasa nya menggunakan structured text language (Bahasa pemrograman berbasis text) LabVIEW hadir dengan bahasa pemrograman berbasis Block Diagram.

loading...

"Banyak engineer dan scientist yang menggunakan LabVIEW untuk membuat maupun mengembangkan aplikasi pengukuran, akusisi data (data acquisition) dan aplikasi lainnya, hal ini karena platform LabVIEW yang dapat di integrasikan dengan beragam target device, PLC, mikrokontroler, Remote Terminal Unit, remote aplikasi via mobile, dan device lainnya dan sebagai interface untuk koneksi ke peralatan apapun. Juga bisa untuk kontrol dan monitoring secara real time dan berbasis web," kata Atikah.

Sementara itu salah seorang peserta dari Instansi Teknik Industri Agro, Andi Velahyati mengungkapkan, kegiatan ini sangat bermanfaat guna mengupgrade skill peserta khususnya yang berkaitan dengan software instrumentasi yang akan menunjang kemampuan riset di laboratorium. 

Menurutnya, tainer yang didatangkan pun sangat mumpuni dan berpengalaman di bidangnya. Ditunjang dengan suasana kelas yang pesertanya aktif dan antusias, menjadikan pelatihan selama lima hari ini menyenangkan. Diharapkan dimasa yang akan datang kegiatan serupa maupun kegiatan follow-up-nya bisa diadakan. 

"Alhamdulillah, kegiatan ini berjalan lancar dan para peserta sangat antusias dalam kegiatan pelatihan. Untuk kedepannya, ilmu yang telah di pelajari saat ini dapat di manfaatkan dan diimplementasikan untuk keperluan penelitian dan praktek ke mahasiswa, institusi, dan masyarakat," pungkas Velahyati.

Loading...
Loading...