Kamis, 12 Desember 2019 08:58 WITA

Mahasiswa Ilmu Komunikasi UMI Gelar Perkuliahan Bersama Jurnalis TV One

Editor: Adil Patawai Anar
Mahasiswa Ilmu Komunikasi UMI Gelar Perkuliahan Bersama Jurnalis TV One

RAKYATKU.COM, MAKASSAR – Mahasiswa Ilmu Komunikasi Universitas Muslim Indonesia (UMI) menggelar proses perkuliahan di Benteng Roterdam Makassar, Selasa (10/12/19). Materi kali ini mengenai industri media massa yang dibawakan langsung Reporter TV One, Syamsul Maarif.

Selama diskusi berlangsung Syamsul Maarif menceritakan pengalamannya, memberi tips menjadi seorang reporter, serta memberikan motivasi.

"Ada 3 yang harus dimiliki seorang jurnalis yaitu integritas, totalitas, loyalitas, jangan takut semua bisa jadi jurnalis atau reporter sepanjang jadi jurnalis yang benar," kata Syamsul Maarif.

Ia menambahkan, seorang reporter harus mengikuti alur, dan punya pedoman sehingga apa saja dilakukan tidak salah.

"Bikin medan perangmu sendiri dan kita yang menang di jalan itu," kata Ancu sapaan akrabnya.

Sementara Dosen Pengantar Jurnalistik dan Broadcasting Komunikasi UMI, Muhammad Idris mengatakan, mahasiswa harus memahami ilmu jurnalistik secara langsung. Mengingat, esensi ilmu jurnalistik merupakan pengaplikasian.

loading...

“Kuliah dalam kelas dengan berbagai teori belumlah sempurna harus dibarengi dengan melihat dan mendengar langsung pengalaman dari para praktisi media massa,” tegas Bang Idoel sapaan akrab semasa jadi wartawan.

Muh.fajar, salah satu mahasiswa yang mengikuti diskusi mengatakan kegiatan seperti ini harus sering diadakan agar mahasiswa bisa merasakan suasana baru.
 
"Diskusi seperti sangat bermanfaat, karena disitu kita bisa mendapat berbagai informasi terkait dunia jurnalis dan pertelevisian yang dimana menjadi sebuah motivasi kita kedepannya untuk berproses," katanya.

Oleh:

Mahasiswa Ilmu Komunikasi UMI Gelar Perkuliahan Bersama Jurnalis TV One

Mahasiswa Ilmu komunikasi UMI, Uswatun Hasanah.
 

Loading...
Loading...