Rabu, 11 Desember 2019 10:51 WITA

Majukan Pariwisata, Pemkab Jeneponto Percayakan Poltekpar Makassar

Editor: Adil Patawai Anar
Majukan Pariwisata, Pemkab Jeneponto Percayakan Poltekpar Makassar

RAKYATKU.COM, MAKASSAR - Politeknik Pariwisata Makassar bersama Pemerintah Kabupaten Jenepoto menggelar Seminar Laporan Akhir Pembuatan Master Plan Objek Wisata Kabupaten Jeneponto di Kampus Poltekpar Makassar, Jalan Tanjung Bunga, Senin (10/11/2019).

Direktur Poltekpar Makassar, Muhammad Arifin mengatakan, seminar ini merupakan cikal bakal dari MoU kerja sama dengan Pemkab Jeneponto. Kerja sama ini berfokus pada pengembangan Sumber Daya Manusia (SDM) melalui pendidikan dan pelatihan untuk meningkatkan daya tarik pariwisata di Jeneponto.

"Kita kerja sama mulai dari penyusunan kebijakan. Penyusunan kebijakan itu kami mulai dari penyusunan Rencana Induk Kepariwisataan Kabupaten (Ripparkab). Turunannya itu maka Jeneponto mengisiasi untuk menindaklanjuti dati Ripparkab itu melalui Rencana Induk Pengembangan Industri Pariwisata," kata Arifin kepada awak media.

Majukan Pariwisata, Pemkab Jeneponto Percayakan Poltekpar Makassar

Ia menambahkan, seminar kali ini mempresentasikan delapan objek wisata Jeneponto yang sebelumnya telah dikaji oleh Poltekpar Makassar. Salah satu kajian tersebut memberikan edukasi ke masyarakat dan pemerintah dalam mengembangkan potensi wisata.

"Bagi kami pengembagan pariwisata kali ini dari daerah maupun sekala nasional merupakan hal wajib. Karena mulai 2019 kita  diberikan amanah dari Kementerian Pariwisata untuk memberikan pendampingan pengembangan SDM di kawasan Timur Indonesia khususnya Sulsel," jelasnya.

loading...

Sementara Kepala Dinas Jeneponto, Elly Isriani Arief mengatakan, Poltekpar Makassar merupakan lembaga pendidikan yang berkompoten di bidang kepariwisataan. Untuk itu ia berharap kerja sama ini terus berlanjut.

"Kita tahu potensi wisata di Jeneponto ini banyak sekali. Dari perencanaan pengembangan ada 33 destinasi pariwisata baik itu dataran tinggi perairan bahari maupun hutan mangrove. Kita pun punya hutan kota dan hutan pinus dan banyak budaya dan sejarah Jeneponto," katanya.

Majukan Pariwisata, Pemkab Jeneponto Percayakan Poltekpar Makassar

Ia menjelaskan, Jeneponto memiliki ciri khas dan identitas tersendiri. Seperti penggunaan Kuda sebagai transportasi masyarakat. Kuliner yang unik dan nilai budaya yang berbeda dengan daerah lain.

"Maka dari itu kerja sama ini  ada tiga kita fokuskan. Pertama pengembangan SDM, pengembangan, perencanaan dan pengawasan dan monitoring," pungkasnya.

Loading...
Loading...