Selasa, 26 November 2019 13:30 WITA

Citizen Report

Cara Dosen Ilmu Komunikasi UMI dalam Mengabdi ke Masyarakat

Editor: Adil Patawai Anar
Cara Dosen Ilmu Komunikasi UMI dalam Mengabdi ke Masyarakat

RAKYATKU.COM - Kegiatan pengabdian masyarakat oleh dosen Ilmu Komunikasi Fakultas Sastra Universitas Muslim Indonesia (UMI) berlangsung di Pesantren Mizanul Ulum Takalar, Sabtu (23/08/2019).

Kegiatan pengabdian ini memberikan pelatihan public speaking kepada peserta yang didominasi oleh siswa kelas 2 SMA, di mana dari pelatihan ini siswa diharap mampu melakukan pengembangan diri khususnya di bidang public speaking.

"Hal ini merupakan langkah awal untuk melatih siswa dalam proses public speaking, serta output dari pelatihan ini diharapkan peserts bisa mempraktikkan penerapan public speaking secara langsung," ujar Dr. Hadawiah selaku ketua prodi Ilmu Komunikasi UMI sekaligus pemateri kegiatan, Selasa (26/11/2019).

Guna mengukur daya serap peserta, diadakan sesi tanya jawab dengan berinteraksi langsung sehingga pemateri berikut timnya bisa melakukan evaluasi terhadap sejauh mana peserta memahami materi yang diberikan. 

Para peserta juga tidak hanya disuguhkan materi, namun mereka diberi kesempatan langsung untuk berbicara di depan umum agar yang disampaikan lebih cepat dipahami.

Loading...

Zelfia salah satu dosen Ilmu Komunikasi UMI yang juga merupakan pemateri menambahkan bahwa sebelum melalukan kegiatan, terlebih dahulu mereka melakukan survei lokasi mitra (dalam hal ini siswa sebagai peserta kegiatan), sosialisasi dan pendekatan personal untuk mengenal kondisi mitra, kemudian menyusun materi, dan selanjutnya melakukan proses pelatihan public speaking tersebut. 

"Tentu saja kami melalui proses yang cukup panjang sebelum mengadakan pelatihan ini. Mulai dari persiapan, penyusunan hingga pelaksanaan karena besar harapan kami bahwa kegiatan pengabdian ini bisa memberi manfaat yang kepada peserta, tidak hanya secara teori namun lebih kepada praktik secara nyata," ujar Zelfia.

Oleh: 

Cara Dosen Ilmu Komunikasi UMI dalam Mengabdi ke MasyarakatUswatun Hasanah , Mahasiswa Ilmu Komunikasi UMI  

Loading...
Loading...