Jumat, 08 November 2019 13:16 WITA

Tim Dosen Farmasi UMI Gelar PKM MTS Wihdatul Ulum

Penulis: Yuniastika Datu
Editor: Adil Patawai Anar
Tim Dosen Farmasi UMI Gelar PKM MTS Wihdatul Ulum

RAKYATKU.COM, MAKASSAR - Dosen Farmasi Universitas Muslim Indonesia (UMI) menggelar Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) di MTS Wihdatul Ulum, desa Bontokassi, Kecamatan Parangloe, Kabupaten Gowa. Jumat, (8/11/2019). 

Pengabdian yang diketua oleh Ririn bersama dengan Nurlina ini, mengusung tema "Edukasi Pembuatan Salep (Balsem) Berbahan  tradisional Minyak Sereh (Citronella oil)"

“Terima kasih kepada Kepala MA Wihdatul Ulum H Ilyas Thahir  dan Kepala MTs Wihdatul Ulum Hasmawati  yang sudah bersedia bekerjasama dalam  pelaksanaan pengabdian  kepada masyarakat ini," ujar ketua Tim, Ririn.

Tim Dosen Farmasi UMI Gelar PKM MTS Wihdatul Ulum

Menurutnya, kegiatan ini dimaksudkan untuk memberikan informasi penggunaan bahan tradisional terutama minyak sereh yang dapat dibuat ke dalam bentuk sediaan Farmasi yang bernilai jual tinggi yaitu balsam (salep). 

"Selain itu penggunaan minyak sereh ini juga diperoleh dari tanaman sereh (Cymbopogon nardus) yang  mudah dibudidayakan dan bernilai komersial serta memicu jiwa entrepreneurship dari warga sekolah wihdatul Ulum dalam menghasilkan usaha sendiri. Kegiatan ini juga kami memperkenalkan cara membuat sediaan balsam (salep) dengan metode yang sederhana,” tambahnya. 

Tidak hanya itu dalam waktu yang sama Tim ini juga menggelar sosialisasi terkait Edukasi dan Pembuatan  Minyak Gosok (Minyak kelapa, Jahe Merah dan Minyak Sereh)  yang ketuai Nurlina. 

Loading...

"Kegiatan ini bertujuan untuk memberikan edukasi kepada masyarakat khususnya siswa di pondok pesantren, agar dapat mengolah herbal yang tersedia menjadi produk minyak gosok herbal.  Dalam kesempatan ini juga kami memberikan pengarahan bagaimana caranya membuat minyak gosok yang dapat diproduksi di rumah yang dapat  digunakan oleh keluarga ataupun untuk skala besar yang dapat dikomersilkan, " ujar Ketua Tim Nurlinas didampingi anggotanya Ririn.

Tim Dosen Farmasi UMI Gelar PKM MTS Wihdatul Ulum 

Menyambut Tim Dosen Farmasi UMI, Kepala MTs Wihdatul Ulum, Hasmawati  beserta guru pengajar dan Kepala Pesantern Wihdatul Ulum, mengapresiasi kegiatan tersebut. 

“Terima kasih atas kehadiran ibu-ibu dosen  pengabdi dari Fakultas Farmasi UMI dan adek-adek alumni dan mahasiswa Fakultas Farmasi UMI. Kami dari pihak sekolah sangat mengapresiasi kegiatan pengabdian ini," tutur Hasmawati. 

Ia berharap, dengan adanya kegiatan ini tidak hanya menambah pengetahuan anak didik MTS, tentang bahan  alam yang dapat dimanfaatkan untuk pengobatan, tetapi juga diharapkan dapat memicu jiwa kewirausahaan dari anak didik. 

"Kami juga berharap di masa mendatang sekolah kami memiliki produk yang dapat dijual secara komersil dipasaran, " pungkasnya.

Loading...
Loading...