Kamis, 21 November 2019 21:42 WITA

Tingkatkan Pariwisata, Poltekpar Makassar dan Kabupaten Morowali Kerja Sama

Editor: Adil Patawai Anar
Tingkatkan Pariwisata, Poltekpar Makassar dan Kabupaten Morowali Kerja Sama

RAKYATKU.COM, MAKASSAR - Politeknik Pariwisata (Poltekpar) Makassar dan Kabupaten Morowali kerja sama dalam meningkatkan kualitas destinasi serta mendukung pengembangan sektor pariwisata.

Kerja sama ini ditandai dengan penandatangan MoU, di Gedung Aula Desa Mbokita, Kecamatan Menui, Kepulauan Kabupaten Morowali, Kamis (21/11/2019).

Poltekpar Makassar selanjutnya akan melakukan pendampingan terhadap pengembangan sumber daya manusia (SDM), khususnya pengelolaan homestay/rumah wisata/pondok wisata, kelompok sadar wisata masyarakat di sekitar destinasi.

Kegiatan penandatanganan MoU di rangkaikan bersamaan dengan Pelatihan Manajemen homestay/rumah wisata/pondok wisata yang di laksanakan oleh Bidang Pariwisata Dinas Pemuda, Olahraga dan Pariwisata.

Kepala Bidang Pariwisata Morowali, Risman mengatakan, tujuan kegiatan ini diharapkan peserta mampu memahami konsep pengelolaan homestay pariwisata dan rumah wisata. Selanjutnya peserta mampu menjelaskan konsep dasar kepariwisataan. Peserta mampu menggunakan keahlian komunikasi dan menawarkan paket homestay.

"Peserta mampu menggunakan tekhnik-tekhnik manajemen dan pengelolaan homestay pariwisata dan rumah wisata, dan mampu membuat paket homestay yang terjangkau dan berkualitas," jelasnya.

Tingkatkan Pariwisata, Poltekpar Makassar dan Kabupaten Morowali Kerja Sama

Sementara Direktur Poltekpar Makassar Drs. Muhammad Arifin, M.Pd. mengatakan, pengembangan SDM Pariwisata haruslah menjadi prioritas. Pengembangan Pariwisata di Indonesia juga harus menjadi skala prioritas dalam pembangunan baik nasional maupun pembangunan daerah itu sendiri.

"Keberadaan Politeknik Pariwisata di Kabupaten Morowali bukan yang pertama kali, tetapi baru kali ini kita melaksanakan ikatan atau MoU sehingga kedepannya kegiatan-kegiatan pun sudah jelas sesuai tridharma perguruan tinggi," jelasnya.

Sementara Bupati Kabupaten Morowali, dari Drs. Taslim berharap, pariwisata bisa menjadi sektor yang bisa menghidupkan ekonomi masyarakat Morowali. Pelatihan manajemen diharapkan mampu mengelola SDA dan SDM Kabupaten Morowali yang memiliki potensi pariwisata.

"Di sebelah sana tidak jauh dari Mbokita ada Pulau Labengki yg sudah punya manajemen yang baik dan mereka sudah merasakan," pungkasnya.

Loading...
Loading...
Loading...