Jumat, 15 November 2019 12:30 WITA

Fakultas Farmasi UMI Gelar Pelatihan Membuat Minyak Gosok Anti Nyamuk

Editor: Adil Patawai Anar
Fakultas Farmasi UMI Gelar Pelatihan Membuat Minyak Gosok Anti Nyamuk

RAKYATKU.COM, MAKASSAR - Dosen Fakultas Farmasi Universitas Muslim Indonesia (UMI) menggelar pelatihan membuat minyak gosok antinyamuk dari herba sereh (Cymbopogon citratus) kepada
ibu PKK Desa Pucak, Maros.

Kegiatan PkMD (Pengabdian kepada Masyarakat dan Dakwah) yang didanai oleh LPMD Universitas Muslim Indonesia tahun ini diketuai oleh Wisdawati, S.Si., M.Farm., Apt dan Selpida Handayani, S.Farm., M.Si., Apt sebagai anggota. 

Rangkaian kegiatan ini dimulai dari penyuluhan mengenai pemanfaatan tumbuhan disekitar Desa Pucak sebagai anti nyamuk. Diantaranya yaitu kulit jeruk pomelo (Citrus maxima) dan juga sereh (Cymbopogon citratus) dan dilanjutkan dengan pelatihan pembuatan sediaan minyak gosok antinyamuk yang berbahan dasar herba  sereh (Cymbopogon citratus). 

"Kulit jeruk dan juga sereh mengandung komponen kimia minyak atsiri yang salah satunya yaitu sitronella yang telah banyak dibuktikan dapat memberikan khasiat sebagai insektisida (pembunuh serangga) sehingga dapat digunakan sebagai antinyamuk," kata Wisdawati, S.Si., M.Farm. 

Loading...

Ia menjelaskan, sitronela inilah yang memberikan bau khas pada sereh dan dapat memberikan efek menenangkan. Namun, serangga termasuk nyamuk dapat mati karena komponen utama dari sereh ini. 

"Cara pembuatan minyak gosok ini sangat sederhana karena hanya menggunakan sereh sebagai bahan utama dan minyak kelapa sebagai bahan tambahan. Kelebihan dari minyak gosok anti nyamuk ini karena aman, tanpa efek samping serta tidak terasa panas saat dioleskan pada tangan dan kaki," jelasnya.

Ia menambahkan, kegiatan ini bertujuan untuk memperkenalkan tanaman di sekitar Desa Pucak yang dapat dimanfaatkan sebagai antinyamuk sekaligus untuk melatih warga desa Pucak agar dapat membuat minyak gosok antin yamuk untuk digunakan sendiri ataupun untuk diproduksi dan dipasarkan sehingga menambah nilai ekonomi warga desa Pucak, Kabupaten Maros.

Loading...
Loading...