Jumat, 08 November 2019 07:00 WITA

Rektor Muda ITB Asia Malang Tak Wajibkan Mahasiswa Buat Skripsi

Editor: Fathul Khair Akmal
Rektor Muda ITB Asia Malang Tak Wajibkan Mahasiswa Buat Skripsi
Rektor Institut Teknologi dan Bisnis ASIA kota Malang, Risa Santoso merupakan sosok berprestasi (IDN Times)

RAKYATKU.COM - Risa Santoso, Rektor Institut Teknologi dan Bisnis (ITB) Asia Malang, sudah punya beberapa program yang ingin dia wujudkan.

Salah satunya, terkait mata kuliah skripsi yang kedepannya tidak diwajibkan bagi mahasiswa tingkat akhir. 

Saat ini Risa sedang mempersiapkan program terkait tugas akhir. Selama ini, tugas akhir atau skripsi dalam dunia perkuliahan seolah menjadi momok menakutkan bagi mahasiswa. Tak sedikit dari mereka yang gagal menyelesaikan skripsi tepat waktu. Atas alasan itulah Risa hendak membenahi masalah ini.

"Ke depan itu inginnya memberikan pilihan. Jadi skripsi bukan lagi kewajiban utama. Kalau semisal mahasiswa memiliki minat di bidang pembuatan program tentunya lebih baik difokuskan untuk membuat project akhir," ujar Risa Santoso dikutip dari IDNtimes. 

Risa tak memungkiri, sejumlah program yang sudah disiapkan beberapa di antaranya memang mengadopsi model pendidikan luar negeri. Termasuk untuk mengubah skripsi dari kewajiban menjadi pilihan. Hal itu juga merupakan adopsi dari luar negeri, karena selama ini skripsi seolah menjadi hal yang sangat menakutkan.

"Kalau di luar negeri skripsi itu sifatnya pilihan bukan kewajiban. Hal itulah yang coba saya terapkan di sini. Karena memang sebenarnya boleh membuat alternatif dengan project akhir yang nantinya dijadikan laporan akhir," jelasnya.  

Loading...
Loading...

Berita Terkait