Jumat, 18 Oktober 2019 17:16 WITA

Tim Pengabdian Masyarakat Farmasi UMI Gelar Pelatihan Pembuatan Mainan di Gowa

Editor: Adil Patawai Anar
Tim Pengabdian Masyarakat Farmasi UMI Gelar Pelatihan Pembuatan Mainan di Gowa

RAKYATKU.COM - Tim Dosen Pengabdian Masyarakat Fakultas Farmasi Universitas Muslim Indonesia (UMI) dibawah Lembaga Pengabdian Kepada Masyarakat UMI (LPkM UMI) menngelar  pengabdian masyarakat di desa binaan tepatnya di TK Amanah Pakkolompo, Desa Borisallo Kec. Parangloe, Kab. Gowa.

Ketua Tim ketua  Masdiana Tahir, S. Fam., M. Si. Apt., mengatakan, tema Kegiatan ini adalah Pelatihan Pembuatan Mainan Edukatif Berbahan Dasar Tepung, dimana sebelum kegiatan pelatihan dilakukan penyuluhan Cara Memilih Mainan Yang Aman Bagi Anak.

"Kegiatan PKM ini diperuntukkan untuk guru dan orang tua khususnya ibu dari murid TK Amanah Pakkolompo sehingga guru disekolah dapat membuat sendiri untuk dijadikan sebagai media pembelajaran dalam melatih kretivitas anak dan orang tua drumah pun dapat mebuatnya dengan mudah tanpa harus membeli dengan harga yang mahal," jelasnya. 

Ia menjelaskan, tema tersebut dipilih karena masa kanak-kanak adalah masa bermain,  maka perlu untuk memberikan kesempatan kepada anak mengenal dunianya melalui bermain. Saat ini banyak beredar jenis permainan yang dapat melatih kreativitas anak, misalnya plastisin/play dough  dan slime. 

Loading...

Permainan ini efektif dalam meningkatkan kreativitas anak karena dapat dibentuk sesuai dengan  imajinasi anak. Tetapi ada beberapa dari permainan yang beredar dapat menimbulkan efek negatif bagi anak karena mengandung zat kimia berbahaya. Sehingga perlu ada alternatif mainan yang menggunakan bahan tidak berbahaya yaitu dengan berbahan dasar tepung. 

"Dalam kegiatan ini dilakukan pelatihan cara mebuat mainan edukatif dengan resep yang mudah dan bahan-bahan yang aman yaitu tepung, minyak, garam,dan  pewarna makanan. Sehingga aman jika sampai tertelan oleh anak-anak," pungkasnya. 

Tim dosen pengabdian  masyarakat ini terdiri dari dosen dan dibantu oleh mahasiswa/alumni dengan anggota Asriani Suhaenah, S. Si., M. Kes., Apt. dan Aminah, S. Farm. M. Sc.

Loading...
Loading...