Rabu, 16 Oktober 2019 06:00 WITA

Politeknik ATI Makassar Kembali Kerja Sama dengan Perusahaan, Ini Daftarnya

Penulis: Febrina Rahayuni
Editor: Adil Patawai Anar
Politeknik ATI Makassar Kembali Kerja Sama dengan Perusahaan, Ini Daftarnya

RAKYATKU.COM, MAKASSAR - Politeknik ATI Makassar menandatangani MoU kerja sama dengan empat perusahaan. Diantaranya PT. Tirta Fresindo Jaya, PT. NutrindoBogaRasa, PT. EIC, BBIHP dan DISNAKER.

"Kerjasama ini akan menambah kesempatan untuk para lulusan ATIM yang berprestasi untuk bekerja setelah kelulusannya," kata Direktur ATIM, Ir.Rapi.

Ia menjelaskan, empat jurusan Politeknik ATI Makassar telah mendapat peningkatan akreditasi dari Badan Akreditasi Perguruan Tinggi (BAN-PT). Diantaranya Jurusan Teknik Industri Agro (TIA), Jurusan Teknik Kimia Mineral dan Jurusan Otomasi Sistem Permesinan (OSP) mendapatkan akreditasi B. Sementara Jurusan Teknik Manufaktur Industri Agro (TMIA) berhasil mendapatkan Akreditasi A. 

"Penyerapan untuk lulusan ATIM tahun 2019 ini adalah sebanyak 40 % atau sekitar 170 orang di berbagai perusahaan, antara lain PT. Semen Tonasa, PT. Gama Plantation, PT. Semen Baturaja, PT..Petrokimia Gresik, PT.IMIP Morowali, PT. Pelindo, PT. Indofood, PT. Equipment Indonesia Center, PT. Pharos, PT. VDNI (Virtual Dragon Nickel Indonesia) Kedari, PT. Vale Sorowako dan beberapa perusahaan lainnya. Sebagian telah melaksanakan rekruitmen dan menunggu panggilan penempatan kerja," jelasnya. 

Menurutnya, pihaknya akan terus mengembangkan Sistem Penjaminan Mutu Internal (SPMI) untuk mendukung proses akreditasi serta terus mengawal proses yang bersifat akademik dengan komponen borang akreditasi.

Loading...

"Adanya kepercayaan masyarakat terhadap pendidikan vokasi. Untuk tahun 2019 yang jumlah pendaftarnya sebanyak 1.768 pendaftar calon mahasiswa baru, dan yang lulus seleksi sebanyak 376 dengan rasio 1 : 5," jelasnya. Kita juga dapat memperoleh Akreditasi Institusi dengan Akreditasi B," jelasnya.
 

Ia menambahkan, kurikulum disusun berbasis kompetensi mengacu kepada SKKNI bidang industri dengan level 5 KKNI (untuk D3), yang ditunjang modul pembelajaran serta didukung sarana dan prasarana terutama workshop/lab yang terintegrasi/terpadu sebanyak 28 laboratorium/workshop.

Peningkatan kerjasama dan Mutu Dosen tak luput mengalami peningkatan. Didukung oleh pelatihan dosen dan PLP tahun 2019 melalui workshop seperti pengelolaan e-Journal, E- Learning, Pengelolaan journal terakreditasi, publikasi penelitian terindeks scopus dan lainnya. Saat ini ATIM memiliki 8 dosen yang bergelar S3 dan 3 dosen sedang melanjutkan jenjang S3.

ATIM juga bekerja sama dengan industri dan sosiasi, alumni Ikatan Alumni/Politeknik ATI Makassar diantaranya, Asosiasi Asesor Kompetensi Indonesia Wilayah Sulawesi (AAI), BKSP Sul-Sel, Asiosiasi Pengelasan Indonesia (API-IWS), Persatuan Insinyur Indonesia (PII) dan Perhimpunan Ergonomi Indonesia (PEI). Bergabung dengan komunitas BKSTI (Badan Penyelenggaraan Pendidikan Teknik Industri), BKSTM (Badan Kerjasama Teknik Mesin) se-Indonesia.

Loading...
Loading...