Minggu, 13 Oktober 2019 11:27 WITA

Ingin Mengabdi ke Jepang? UKPI FKIP Unismuh Buka Beasiswa Pertukaran Pelajar

Penulis: Muh. Ishak Agus
Editor: Nur Hidayat Said
Ingin Mengabdi ke Jepang? UKPI FKIP Unismuh Buka Beasiswa Pertukaran Pelajar

RAKYATKU.COM, MAKASSAR - Unit Kerja Sama dan Publikasi Internasional (UKPI) Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas Muhammadiyah Makassar telah membuka pendaftaran untuk seleksi pertukaran mahasiswa ke Jepang.

Pendaftaran dibuka sejak 11 Oktober dan akan berakhir pada hingga 25 Oktober 2019. Program ini merupakan kerja sama antara FKIP Unismuh Makassar dengan Kanazawa Institute of Technology Jepang. 

Program bernama Sakura Science Exchange Program ini nantinya akan diikuti oleh negara lainnya seperti Singapore Polytecnic, Ho Chi Minh City College of Economics (Vietnam), dan Kanazawa Institute of Technology Jepang yang juga sekaligus sebagai tuan rumah dalam program tersebut. 

Program ini akan dilaksanakan selama sepekan di Jepang, sejak 27 Februari hingga 4 Maret 2020. Para mahasiswa akan melaksanakn project pengabdian yang terfokus pada pengembangan sosial inovasi berbasis design thinking. 

Selain itu, mereka juga akan saling berbagi tentang budaya, bahasa, dan ilmu pengetahuan lainnya. Hal ini senada dengan harapan dekan FKIP Universitas Muhammadiyah Makassar, Erwin Akib sebelum mengesahkan pembukaan program Sakura Science Exchange Program ini.

Loading...

"Bahwa mahasiswa yang nantinya lolos dalam seleksi ini harus mampu tampil secara maksimal sebagai perwakilan dari Universitas Muhammadiyah Makassar yang membawa cerminan mahasiswa Indonesia. Maka proses seleksi ini sangat ketat sekali. Selain mengisi aplikasi pendaftaran, menuliskan esai, peserta juga akan di-interview dan melakukan presentasi dalam bentuk focus group discussion," kata Erwin, Minggu (13/10/2019).

Adapun persyaratan utama dalam mengikuti program tersebut harus merupakan mahasiswa aktif Universitas Muhammadiyah Makassar dan juga merupakan alumni program Learning Express. 

Untuk informasi lebih lengkap, dapat juga dilihat di website UKPI Unismuh Makassar.

Loading...
Loading...