Selasa, 08 Oktober 2019 23:19 WITA

HIMAPROTEK Unhas Beri Vaksinasi Hewan Ternak di Bulukumba

Editor: Adil Patawai Anar
HIMAPROTEK Unhas Beri Vaksinasi Hewan Ternak di Bulukumba

RAKYATKU.COM - Himpunan Mahasiswa Produksi Ternak Universitas Hasanuddin (HIMAPROTEK-UH) menggelar kegiatan pengabdian masyarakat di Desa Tambangan, Kecamatan Kajang, Kabupaten Bulukumba selama tiga hari 4-6 Oktober 2019.

Kegiatan tersebut berupa Ekspedisi Veteriner dengan tema Mengabdi dan Membangun Desa untuk Peternakan Rakyat Berkelanjutan. 

Ketua Umum HIMAPROTEK-UH periode 2018/2019, Irgi Fahrezi mengatakan, Ekspedisi Veteriner ini merupakan program kerja tahunan yang dilaksanakan oleh HIMAPROTEK-UH dengan tujuan untuk melatih skill anggota HIMAPROTEK-UH untuk mengaplikasikan apa yang telah diperoleh di kelas. 

"Kami memberikan wadah bagi anggota HIMAPROTEK-UH untuk mengasah skill dan ilmu yang telah diperoleh di kelas dan yang telah dilakukan oleh HIMAPROTEK-UH sebagai himpunan yang berbasis keproferian produksi ternak," ujar Irgi, Selasa (8/10/2019).

Dalam puncak kegiatan, semua peternak membawa ternaknya untuk diberikan pelayanan vaksinasi, penyuntikan vitamin dan Pemberian Obat Cacing. Jumlah ternak yang diberikan pelayanan sejumlah 100 ekor ternak sapi. 

"Ada sekitar 100-an ternak sapi yang kami berikan pelayanan berupa pemberian vitamin B-complex dan obat cacing," ujar Ketua Panitia Shafik. 

Kegiatan ini bekerja sama dengan Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan Kabupaten Bulukumba. Kepala Bidang Pembibitan dan Produksi Ternak, Samsir dalam sambutannya mengatakan, Kecamatan Kajang merupakan wilayah yang padat populasi ternaknya dengan jumlah 5.000 ekor ternak, dan Desa Tambangan sendiri termasuk yang padat populasinya. 

"Kegiatan ekspedisi veteriner ini menjadi ajang mengenang kembali masa-masa sewaktu mahasiswa dulu saat melakukan kegiatan ini," jelasnya. 

Sementara anggota DPRD Bulukumba yang juga merupakan alumni Fakultas Peternakan Unhas mengatakan, Ekspedisi Veteriner ini merupakan ajang mewujudkan tri darma perguruan tinggi.

"Kegiatan ini merupakan ajang untuk mengasah skill yang telah diperoleh di ruang kelas dan untuk mewujudkan tri darma perguruan tinggi antara lain pendidikan, penelitian dan pengabdian masyarakat," pungkasnya.

Loading...
Loading...

Berita Terkait