Rabu, 02 Oktober 2019 21:01 WITA

Wadir Polinas Lp3i Makassar: Ketika Batik Diakui Dunia

Editor: Adil Patawai Anar
Wadir Polinas Lp3i Makassar: Ketika Batik Diakui Dunia

RAKYATKU.COM, MAKASSAR - Sepuluh tahun peringatan Hari Batik Nasional yang jatuh pada 2 Oktober 2019, Wadir II Bidang SDM dan Sarpras Polinas Lp3i Makassar??,????? Etha Gustin menghimbau seluruh staf dan karyawan, mahasiswa hingga dosen untuk menggunakan busana batik. 

"Ini merupakan peringatan ketika batik memperoleh pengakuan dunia pada tahun 2019 dari United Nations Educational, Scientific, and Cultural Organization (UNESCO). Sehingga selayaknyalah kita sebagai warga Indonesia bersyukur sekaligus berbangga dengan cara menggunakan busana batik pada tanggal tersebut," ujah Etha Gustin.

UNESCO menetapkan batik sebagai warisan budaya dunia tak benda atau intangible cultural heritage. Batik Indonesia didaftarkan untuk mendapat status ICH melalui kantor UNESCO di Jakarta oleh Kantor Menko Kesejahteraan Rakyat mewakili pemerintah dan komunitas batik Indonesia pada 4 September 2008. 

Saat didaftarkan, dari 76 seni dan budaya warisan dunia yang diakui UNESCO saat itu, Indonesia hanya menyumbangkan satu. Adapun China ketika itu menyumbangkan 21 dan Jepang menyumbangkan 13 warisan.

Loading...

Menurut Unesco, batik dinilai sebagai ikon budaya yang memiliki keunikan dan filosofi mendalam, serta mencakup siklus kehidupan manusia. 

Saat itu, setelah Unesco resmi menetapkan batik sebagai warisan budaya dunia tak benda. Saat ditetapkan oleh Unesco, Presiden SBY pada waktu itu meminta seluruh masyarakat Indonesia untuk mengenakan batik pada tanggal 2 Oktober. 

Loading...
Loading...