Rabu, 18 September 2019 21:45 WITA

31 Mahasiswa dan Alumni STIBA Lulus di 9 Perguruan Tinggi Luar Negeri, Ini Daftarnya

Editor: Abu Asyraf
31 Mahasiswa dan Alumni STIBA Lulus di 9 Perguruan Tinggi Luar Negeri, Ini Daftarnya
Ustaz Yusran Anshar (kiri) dan Ustaz Achmad Hanafi (kedua kiri) melepas mahasiswa STIBA ke Sudan, Selasa (17/9/2019).

RAKYATKU.COM - Tiga puluh satu mahasiswa dan alumni Sekolah Tinggi Ilmu Islam dan Bahasa Arab (STIBA) Makassar diterima di sembilan perguruan tinggi di luar negeri, tahun 2019.

Sembilan perguruan tinggi tersebut tersebar di Timur Tengah dan Afrika. Mereka yang masih berstatus mahasiswa STIBA pamit secara resmi.

Puluhan mahasiswa dan alumni STIBA Makassar itu dinyatakan lulus di sembilan perguruan tinggi di Arab Saudi, Yaman, Sudan, dan Mesir.

Sebelas mahasiswa yang lulus di Sudan dilepas Ketua Senat STIBA Ustaz Muhammad Yusran Anshar, Lc, MA, PhD dan Ketua STIBA Ustaz Ahmad Hanafi, Lc, MA, PhD, pada Selasa (17/9/2019). 

Dalam wejangannya, Ustaz Yusran mengingatkan agar para mahasiswa tersebut tetap memperhatikan tarbiyah dan manhaj yang telah mereka pelajari selama di STIBA.

"Alumni-alumni Timur Tengah itu banyak tersebar di berbagai daerah di Tanah Air. Tapi tidak banyak yang bisa mengumpulkan mereka dalam satu lembaga seperti Wahdah Islamiyah," ujar Ketua Senat STIBA Makassar Ustaz Muhammad Yusran Anshar.

Lebih lanjut, Ustaz Yusran mengimbau para mahasiswa untuk mengikuti jejak asatidzah yang saling tawadu di antara mereka.

Sementara Ustaz Ahmad Hanafi dalam tausiahnya mengajak mahasiswa untuk berlomba-lomba dalam kebaikan.

"Selama ini, animo mahasiswa lebih banyak yang ingin lanjut ke Saudi. Jadi tugas Antum berusaha menunjukkan bahwa kuliah di Sudan bisa lebih baik. Jangan katakan bahwa nanti di Madinah baru bisa berprestasi," ujar ketua STIBA Makassar ini.

Fasilitas di Sudan tidak sebaik di Saudi, namun kata Ustaz Ahmad, kondisi sulit justru yang lebih banyak melahirkan para pejuang.

Salah seorang mahasiswa STIBA yang lulus di Sudan adalah Muhammad Ichlasul Raid. Dia putra pasangan Dr dr Hisbullah Amin, SpAn-KIC KAKV dan Prof Dr Mediaty, MSi, AkCA.

Hisbullah Amin adalah pendiri Pesantren Alam Tahfizhul Quran Al-Ikhlas Bulu Dua, Kabupaten Barru. Mereka datang secara khusus pamit ke pimpinan STIBA untuk melanjutkan pendidikan ke Sudan.

"Sebenarnya saya sangat senang dan percaya bahwa lembaga pendidikan tinggi ini sangat baik dan berkualitas untuk mencetak kader-kader dai yang mumpuni dan berkualitas," katanya.
 
"Sebenarnya saat penentuan lulus masuk perguruan tinggi yang lalu, Anakda juga lulus di perguruan tinggi negeri ternama, tetapi kami tetap memilih untuk masuk ke STIBA," lanjut Hisbullah. 

Loading...

"Namun keinginan melanjutkan pendidikan di luar negeri seperti Sudan inilah sehingga dengan berat hati kami harus pamit," lanjut Hisbullah dalam status akun media sosial Pesantren Alam.

Berikut daftar mahasiswa dan alumni STIBA yang diterima di perguruan tinggi luar negeri tahun ini:

Islamic University of Madinah
1. Syafaat Muhammad Wildan
2. Ahmad Hanif Nur Arif
3. Abi Hurairah
4. Arya Syahputra
5. Jumail
6. Syahrul

Qassim University Saudi Arabia
1. Sudarmin
2. Nur Mughniyah Athifah

King Khalid University Arab Saudi
1. Rahmat Hidayat
2. Fikriansyah Tjarsadiwiryo
3. Aripuddin Rasi
4. Muhammad Ahmad Ridha
5. Indra Adhyaksa

Northern Border University
1. Muhammad Arif Bayanuddin

Imam Abdulrahman bin Faisal University
1. Fadliansyah

Jouf University
1. Ihsan Ramadhani

Holy Qur’an and Islamic Sciences University Yaman
1. Tegar Novianto
2. Mujaddid Sulaiman
3. Zulfakhri

Al-Azhar University Kairo Mesir
1. Ashadi

International University of Africa Sudan
1. Muh Abdillah Anugraha
2. Fahriansyah Prima
3. Andi Fathurahman
4. Juliadi
5. Muh Ibnu Munzir al-Ghiffari MS
6. Muh Arfah
7. Muhammad Rafly Hadriansyah
8. Mutsaqoful Fikri Rusyid
9. Firzal
10. Muh Ichlasul Ra'id
11. Surianto
 

Loading...
Loading...