Jumat, 06 September 2019 12:59 WITA

ELTIC 2019, FKIP Unismuh Makassar Datangkan Profesor dari Dalam dan Luar Negeri

Editor: Adil Patawai Anar
ELTIC 2019, FKIP Unismuh Makassar Datangkan Profesor dari Dalam dan Luar Negeri

RAKYATKU.COM, MAKASSAR - Departemen Pendidikan Bahasa Inggris, Fakultas Pendidikan dan Pelatihan Guru, Universitas Muhammadiyah Makassar bersama Asosiasi Program Studi Pendidikan Bahasa Indonesia, menggelar English Language Teaching International Conference (ELTIC) 2019 di Condotel Hotel Karebosi 6-8 september 2019.

Mengusung tema Guru Bahasa Inggris di Era Revolusi Industri 4.0 (IR 4.0), Penyegaran Kebijakan dan Tindakan dalam Pengajaran dan Pembelajaran Inovasi, ELTIC 2019 ini menghadirkan delapan pembawa materi dari dalam dan luar negeri.

Diantaranya Prof.Rob Waring (Notre Dame Seishin Iniversity,Japan), Prof. Jhon Evar Strid (Nothern Illinois University,USA), Prof. Meera Srinivas (The English and Foreign Language University India), Dr Anne Keary (Monash University Australia) , Dr Shirin (University Teknologi Malaysia) , Prof. Endang Fauziati (Universitas Muhammadiyah Surakarta), Tood Beuckens,MA (Asia Pasific University,Jepang), dan Erwin Akib,PhD (Universitas Muhammadiyah Makassar).

Konferensi Internasional Pengajaran Bahasa Inggris 2019 ini melibatkan 548 peserta dari kalangan dosen, mahasiswa S1,S2,S3 se-Indonesia dan luar negeri Syarat mengikuti ELTIC ini harus bisa lulus standar prosedular yang telah ditentukan melalui website resmi Unismuh, www.eltic.fkip.unismuh.ac.id

Dekan FKIP Unismuh Makassar, Erwin Akib,PhD mengungkapkan, tujuan dari ELTIC ini adalah untuk menyatukan ide dan pemikiran dari berbagai perguruan tinggi di Indonesia dan dari beberapa negara pada kesempatan ini untuk melihat bagaimana persepsi mereka pada pendidikan khususnya pendidikan bahasa inggris diera revolusi industri 4.0.

"Forum ini bukan hanya mendengarkan penjelasan dan pemaparan dari semua presenter, tapi kita juga akan mengembangkan dengan melaksanakan konfrensi, workshorp, bisnis meeting khusus untuk asosiasi pendidikan bahasa Inggris seluruh Indonesia," ujar Erwin.

Loading...

ELTIC 2019, FKIP Unismuh Makassar Datangkan Profesor dari Dalam dan Luar Negeri

Erwin menambahkan, hasil yang akan dicapai dari forum ini dijadikan rekomendasi dan dilaporkan ke Kementerian tentang revolusi industri 4.0.

"Kami sebagai host, sebagai penyelenggara utama tapi secara teknis pelaksanaan ELTIC tahun ini kami serahkan kepada prodi pendidikan bahasa Inggris, sebab telah kami sepakati, ELTIC ini akan menjadi program tahunan. Nantinya kami akan mendorong prodi-prodi FKIP untuk bergantian menjadi pelaksana kegiatan konfrensi yang sama walaupun mungkin kajiannya akan berbeda, tapi intinya akan tetap sama dan itu murni, semuanya dari FKIP Unismuh," ujar Erwin.

Sementara Ketua Panitia Pelaksana ELTIC 2019, Ismail Sangkala, S.Pd,M.Pd
 mengungkapkan, hari pertama kegiatan ini membahas pembahasan pemateri. Hari kedua pemaparan dan persentasi presenter, hari ketiga adalah touring untuk para participant untuk memperkenalkan budaya Makassar.

"Setelah itu kami akan langsung melakukan evaluasi, menyiapkan perangkat-perangkatnya kembali, panitianya, dan mungkin di akhir konfrensi nanti akan kami launching logo baru untuk ELTIC 2020 yang tentunya akan menghadirkan lebih banyak peserta lagi. Semua ini karna teman-teman dosen dituntut untuk bisa banyak menghasilkan karya akademik dalam bentuk paper, oleh karena itu kami menyiapkan wadahnya dalam bentuk ini dan memotivasi kami sehingga mendorong teman-teman untuk melakukan ini," pungkas Ismail.

Loading...
Loading...