Rabu, 04 September 2019 14:54 WITA

FKIP Unismuh Mulai Orientasi Mahasiswa Asing Baru

Editor: Nur Hidayat Said
FKIP Unismuh Mulai Orientasi Mahasiswa Asing Baru
Fakultas Keguruan dan Ilmi Pendidikan (FKIP) Universitas Muhammadiyah (Unismuh) Makassar, memulai orientasi mahasiswa asing baru untuk program darmasiswa Indonesia di gedung FKIP lantai 2 Unismuh, Rabu (4/9/2019).

RAKYATKU.COM, MAKASSAR - Fakultas Keguruan dan Ilmi Pendidikan (FKIP) Universitas Muhammadiyah (Unismuh) Makassar, memulai orientasi mahasiswa asing baru untuk program darmasiswa Indonesia di gedung FKIP lantai 2 Unismuh, Rabu (4/9/2019).

Program pemerintah yang dilaksanakan oleh Unismuh Makassar sejak 2006 ini, memulai tahun ke-13 programnya dengan 5 mahasiswa asing yang berasal dari Madagaskar, Jepang, Polandia, dan Sudan.

Darmasiswa Scholarship atau Darmasiswa adalah program beasiswa yang ditawarkan kepada semua siswa asing dari negara-negara yang memiliki hubungan diplomatik dengan Indonesia untuk belajar bahasa Indonesia, seni dan budaya di 63 universitas di seluruh Indonesia

Unismuh merupakan satu-satunya perguruan tinggi di Sulawesi Selatan yang terpilih untuk mengemban tugas menjalankan program tersebut.

Dekan FKIP Unismuh, Erwin Akib, mengungkapkan peserta darmasiswa bebas memilih perguruan tinggi yang mereka inginkan melalui website kementerian. Syaratnya ditentukan oleh kementerian. Para peserta akan mendapatkan beasiswa yang include dengan living kost.

"Alumni darmasiswa kami sudah ada 100-an. Itu hampir semua perwakilan benua sudah pernah ikut. Bahkan ada salah satu lulusan kami yang dari Polandia, berhasil memenangkan lomba menulis esai untuk pelajar asing se-Indonesia dan itu merupakan kebanggan untuk kami," kata Erwin.

Loading...

Erwin juga menjelaskan, Unismuh menggunakan metode pembelajaran yang fokus ke bahasa Indonesia, tetapi tetap memberikan ekstra pengajaran budaya dan seni bahkan bahasa daerah.

"Setiap hari mereka akan belajar selama dua jam, Senin sampai Jumat. Rata-rata dari mereka benar-benar tidak memiliki dasar berbahasa Indonesia. Tapi setelah selesai dari Unismuh, jangankan berbahasa Indonesia, malah ada yang dialek Makassarnya kental. Ini karna kami juga mengarahkan agar mereka sering-sering berinteraksi dengan lingkungan sekitar mereka," tutur Erwin.

Erwin menambahkan, tujuan dari program darmasiswa tersebut sangat bermanfaat. Lulusan nantinya dapat menjadi duta dan memperkenalkan budaya Indonesia di negara asalnya.

"Keuntungan untuk kami adalah darmasiswa ini menjadi ajang promosi bagi Unismuh. Bahwa Unismuh memiliki mahasiswa untuk program ini," pungkas Erwin.

Loading...
Loading...