Minggu, 25 Agustus 2019 23:54 WITA

Begini Cara dan Tahapan Mengikuti PPG Daljab di UNM

Penulis: Rizal
Editor: Ibnu Kasir Amahoru
Begini Cara dan Tahapan Mengikuti PPG Daljab di UNM
Proses PPL PPG Daljab PJOK Batch 2 2019 Di SMPN 2 Makassar.

RAKYATKU.COM, MAKASSAR - Universitas Negeri Makassar (UNM) memfasilitasi pelaksanaan Pendidikan Profesi Guru Dalam Jabatan (PPG Daljab).

Sejumlah tahapan harus dilewati terlebih dahulu sebelum seseorang dinyatakan lulus sebagai peserta PPG Daljab. Tahapan tersebut dibeberkan oleh Ketua Kelas B PJOK PPG Daljab Batch 2 2019, Budiyono.

"Tahapan-tahapan ini perlu disosialisasikan sebab masih banyak yang belum mengetahui secara jelas dan rinci mengenai hal tersebut. Jadi ada beberapa tahapan yang harus dilalui oleh peserta PPG Daljab ini, tapi yang paling pertama adalah mengikuti seleksi UKG (Uji Kompetensi Guru) yang dilakukan didaerah atau kabupaten msing-masing," ungkap Budi, sapaan akrabnya, dalam keterangan tertulis kepada Rakyatku.com, Minggu (25/8/2019).

Selanjutnya, kata dia, dilakukan pembelajaran daring (dalam jaringan) selama tiga bulan. Pembelajaran dalam daring tersebut, kata Budi, mencakup modul pedagogik, modul profesional, serta modul pengembangan pembelajaran.

"Ini dipandu langsung oleh help desk masing-masing LPTK. Kemudian dilanjutkan dengan belajar tatap muka di LPTK masing-masing selama tiga minggu, selanjutnya ke sekolah-sekolah yang menjadi mitra LPTK untuk melakukan Praktek Pengenalan Lapangan (PPL) juga selama tiga minggu," bebernya.

PPL tersebut, kata Budi, diakhiri dengan Ujian Kinerja (UKIN) yang diuji langsung oleh pakar masing-masing jurusan.

Loading...

"Pakar itu terdiri atas satu orang utusan dari guru dan satu orang lagi dari utusan dosen. Namun, sebelum mengikuti UKIN, peserta dituntut untuk melakukan observasi sekolah dan membuat laporan PPL sekaligus penyusunan PTK  (Penelitian Tindakan Kelas) sesuai judul yang telah disepakati," tambah alumni FIK UNM asal Sinjai ini.

Proses terakhir, menurut Budi, adalah mengikuti ujian akhir yang dikenal dengan Ujian Pengetahuan (UP). Proses inilah yang menentukan lulus tidaknya seorang peserta PPG Daljab.

"Proses yang tak kalah pentingnya adalah UP (Ujian Pengetahuan) atau ujian akhir. Semua proses ujian akhir dilaksanakan oleh LPTK secara online," pungkasnya.

 

Tags
Loading...
Loading...