Senin, 12 Agustus 2019 18:59 WITA

Begini Cara Sastra Daerah Unhas Motivasi Mahasiswa Baru

Editor: Aswad Syam
Begini Cara Sastra Daerah Unhas Motivasi Mahasiswa Baru
Kaprodi Linguistik, Dr Ery Iswari (baju merah), memberikan motivasi kepada 46 mahasiswa baru Departemen Sastra Daerah FIB Unhas, Senin, 12 Agustus 2019.

RAKYATKU.COM, MAKASSAR - Sebanyak 45 dari 46 mahasiswa baru Departemen Sastra Daerah Universitas Hasanuddin, berkumpul di ruang FIB 217 Fakultas Ilmu Budaya Unhas.

"Ada satu yang tidak hadir. Dia sakit habis kecelakaan lalu lintas," ujar Sekretaris Jurusan Sastra Daerah, Pammuda,  Senin, 12 Agustus 2019.

Berjas almamater merah, mereka didominasi kaum hawa. Di ruang tersebut, tampak beberapa alat musik tradisional. Ada gong, juga kecapi. Ada pula aksara Lontarak dan Aksara Jangang-jangang. 

"Ini adalah ruang laboratorium seni tradisi," ujar Sumarlin Rengko, salah seorang staf pengajar yang memandu peserta.

Hari ini, para maba itu dikembalikan ke jurusan masing-masing. Mereka dibekali materi, juga motivasi dari alumni seputar prospek kerja jebolan Sastra Daerah.

Begini Cara Sastra Daerah Unhas Motivasi Mahasiswa Baru

Beberapa alumni Sastra Daerah tersebar di beberapa profesi. Selain dosen, guru, juga ada birokrasi, pengusaha, politisi, komisioner KPU, serta jurnalis.

Loading...

Salah satu alumni yang berkiprah di jalur politik adalah Andi Juharta Maloga, mantan Anggota DPRD Bulukumba yang saat ini digadang-gadang ikut berkompetisi dalam Pilkada Bulukumba 2020 sebagai bakal calon wakil bupati.

Alumni yang masuk sebagai salah satu komisioner KPU, adalah Syamsuddin Saleng, yang saat ini menjabat sebagai Ketua KPU Sidrap.

Juga sejumlah pengusaha seperti Iksan Karim Sultan yang saat ini merambah dunia properti. Juga ada yang jadi birokrat seperti Camat Bontonompo, Gowa, Muhammad Yasin Malingkai Maknun.

Dengan melihat keberhasilan para alumni meniti karier, diharapkan mampu memberikan motivasi yang besar dan menguatkan rasa percaya diri mahasiswa baru dalam beraktivitas di kampus merah itu nantinya.

Selain dari alumni, motivasi juga diberikan sejumlah dosen, antara lain Ketua Departemen Sastra Daerah, Dr Muhlis Hadrawi, Kepala Prodi Linguistik, Dr Ery Iswari, juga Dr Dafirah.

Loading...
Loading...