Senin, 12 Agustus 2019 18:42 WITA

Ciptakan Model Pembelajaran Pendidikan Kedamaian, Alumni UNM Ini Raih Gelar Doktor di UPI

Penulis: Deni Indrawan
Editor: Aswad Syam
Ciptakan Model Pembelajaran Pendidikan Kedamaian, Alumni UNM Ini Raih Gelar Doktor di UPI
Candra Cuga setelah mempertahankan disertasinya soal Pendidikan Kedamaian di UPI.

RAKYATKU.COM, MAKASSAR - Seorang pria sukses meraih gelar doktor di Universitas Pendidikan Indonesia (UPI), setelah mempersembahkan karya ilmiah disertasi tentang model pembelajaran pendidikan kedamaian.

Dia adalah Candra Cuga. Sederet prestasi pernah Ia raih, di antaranya, pernah menyandang gelar Mahasiswa Berprestasi (Mawapres) UNM tahun 2008 dan Lulusan Terbaik Magister SPS UPI tahun 2012.

Candra sapaan karib doktor muda ini, menyampaikan rasa syukur dan berterima kasih kepada semua pihak yang membantunya, hingga menggapai gelar akademik tertinggi di universitas ternama di Indonesia.

"Gelar ini saya persembahkan untuk bangsa dan negara tercinta Indonesia. Terkhusus kepada kedua orang tua saya dan sanak keluarga. Semoga pencapaian ini membuat saya semakin bermanfaat di tengah masyarakat, khususnya di tanah kelahiran saya Kabupaten Pinrang," ungkap lulusan terbaik S-1 PPKn UNM tahun 2009 ini, Senin (12/8/2019).

Disertasi Chandra yang juga tenaga pendidik di Universitas Gorontalo ini berjudul "Pengembangan Model Pembelajaran Pendidikan Kedamaian berbasis Inkuiri Yurispundensial untuk Meningkatkan Karakter Cinta Damai dan Anti Kekerasan Mahasiswa".

Dia menjelaskan, dirinya memilih topik tersebut karena melihat fenomena kekerasan terhadap mahasiswa yang masih kerap terjadi di perguruan tinggi, khususnya di Indonesia.

"Semoga model pembelajaran yang dihasilkan dari disertasi ini, dapat digunakan secara luas dan menjadi prototipe pengembangan inovasi pembelajaran khususnya pada pendidikan kedamaian di Perguruan Tinggi, yang begitu sangat penting dan mendesak dilakukan," harapnya.

Loading...
Loading...

Berita Terkait