Rabu, 31 Juli 2019 16:21 WITA

FDI dan KPPI Pertanian Unhas Gelar Workshop Penulisan Proposal Hibah Penelitian Kemenristek Dikti

Editor: Adil Patawai Anar
FDI dan KPPI Pertanian Unhas Gelar Workshop Penulisan Proposal Hibah Penelitian Kemenristek Dikti

RAKYATKU.COM, MAKASSAR - Forum Dosen Indonesia (FDI) bekerjasama dengan Klinik Proposal dan Publikasi Ilmiah (KPPI) Fakultas Pertanian Universitas Hasanuddin menyelenggarakan Workshop Penulisan Proposal Hibah Penelitian Kemenristek Dikti, Rabu (31/7/2019).

Tujuan penyelenggaraan kegiatan adalah untuk meningkatkan jumlah dosen yang membuat proposal dan mendapatkan hibah dari Kemenristek dikti. Workshop yang diikuti oleh sekitar 37 peserta ini terdiri dari dua sesi yakni penyampaian materi dari narasumber dan pendampingan penulisan proposal penelitian.

Dua materi yang didiskusikan adalah terkait apa saja strategi yang dapat dilakukan dalam penulisan proposal penelitian oleh ibu Marhamah Nadir, SP. M.Si. Ph.D. dan strategi penulisan proposal pengabdian masyarakat oleh ibu Dr. Syamsia, SP. MP.

FDI dan KPPI Pertanian Unhas Gelar Workshop Penulisan Proposal Hibah Penelitian Kemenristek Dikti
Setelah penyampaian materi workshop dilanjutkan dengan pendampingan penulisan proposal yang sebelumnya sudah disiapkan oleh peserta. Workshop dibuka Dekan Fakultas Pertanian, Dr. Agr.Sci, Ir. Baharuddin dan berlangsung selama sehari penuh.

Materi ini dapat memahami langkah-langkah penyiapan proposal mulai dari pencarian ide-ide penelitian dan pengabdian masyarakat, perancangan metodologi yang akan digunakan sampai dengan bagaimana menuangkannya ke dalam sebuah proposal untuk diajukan untuk mendapatkan hibah dari Kemenristek DIkti.

"Dengan mengikuti kegiatan ini maka pemahaman terkait struktur proposal yang harus dipenuhi menjadi meningkat dan merasa termotivasi untuk menyusun usulan hibah," kata salah satu peserta, Nirmala Juita, Dosen Ilmu Tanah Faperta Unhas, mengemukakan,

Peserta yang mengikuti kegiatan ini berasal dari dosen-dosen baik dari kalangan internal Unhas maupun dari PT swasta lainnya di propinsi Sulawesi Selatan. Kegiatan berlangsung lancar dan mendapatkan antusias peserta yang cukup besar. Kedepannya akan dibangun sinergitas yang lebih baik antara Klinik publikasi faperta dengan FDI.

Loading...
Loading...
Loading...