Senin, 29 Juli 2019 14:43 WITA

Seminar Kurikulum Fakultas Ekonomi dan Bisnis UMI, Begini Pembahasannya

Editor: Adil Patawai Anar
Seminar Kurikulum Fakultas Ekonomi dan Bisnis UMI, Begini Pembahasannya

RAKYATKU.COM, MAKASSAR - Fakultas Ekonomi Universitas Muslim Indonesia (UMI) menggelar seminar & lokakarya kurikulum dengan mengangkat tema pemutahiran kurikulum berbasis KKNI, dalam rangka meningkatkan daya saing lulusan di era revolusi industri 4.0. Kegiatan ini digelar mulai 28-29 Juli 2019 di Hotel Denpasar dan dibuka Wakil Rektor I Dr.Ir.H.hanafi As'ad, MT.

Pada pembahasan Program Studi Ilmu Ekonomi dan Stdui Pembangunan, Tim Pengarah Dr. H.mapparenta, Dr.Hj.Syamsunujum, Dr.Hj.Aryasi Arfah mengatakan, para mahasiswa dan dosen harus mengerti era 4.0 untuk diimplementasikan. Tak hanya itu, dirinya juga meningkatkan pentingnya kerja sama antar universitas baik dalam negeri maupun luar negeri dalam menghadapi era 4.0.

"Bagaimana pengetahuan tentang pembangunan dan teknologi dikuasai oleh para pengajar sehingga dapat dimasukan dalam kurikulum," katanya.

Seminar Kurikulum Fakultas Ekonomi dan Bisnis UMI, Begini Pembahasannya

Sementara untuk Ilmu Manajemen dan Bisnis, Dr. Suriyanti dan Dr. Safei Basalama membahas mengenai
profil lulusan, capaian pembelajaran, penyusunan kurikulum disesuaikan dengan visi misi UMI, Fakultas dan Program Fakultas.

Untuk Program Studi Akuntansi
yang dipimpin oleh Ketua Jurusan Dr.darwis Lannai dan Dekan III sebagai pengarah Dr. Syamsuri Rahim , keduanya membahas mengenai menentukan profil lulusan, kontes ke kinian mengenai era 4.0 dengan menganalisa secara eksternal tantangan yang dihadapi secara global dan secara internal. Tak hanya itu juga melakukan analisis tentang kemampuan sehingga dapat diidentifikasi.

"Harus siap melahirkan sarjana yang siap terserap di lapangan kerja, perguruan harus sudah bisa jadi pabrik yang mengelola mahasiswa yang siap pakai bukan saja sebagai tenaga kerja tetapi pencipta lapangan kerja. Bagamana mensinergikan teori dan praktek 60:40, KKNI yang memperhatikan sikap, keilmuan, keterampilan umum dan khusus," jelasnya.

Loading...

Seminar Kurikulum Fakultas Ekonomi dan Bisnis UMI, Begini Pembahasannya

Ia menambahkan, era 4.0 membuat mahasiswa familiar dengan teknologi, akan mengembangkan pembelajaran jarak jauh.

"Dari akuntansi sendiri standar akuntansi berbasis internasional," pungkasnya.

Loading...
Loading...