Minggu, 28 Juli 2019 11:56 WITA

Unhas Sapa Pemuda Desa Jenetallasa

Editor: Aswad Syam
Unhas Sapa Pemuda Desa Jenetallasa
Suasana kegiatan pengabdian yang digelar LP2M Unhas di Desa Jenetallasa, Gowa.

RAKYATKU.COM, GOWA - Sabtu dan Minggu, 27-28 Juli 2019. Tim Pengabdian Masyarakat, Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LP2M) Universitas Hasanuddin yang dipimpin Dr. Ratna Ayu Damayanti, SE.,Ak.,M.Soc.Sc.,CA, melaksanakan pengabdian masyarakat di Desa Jenetallasa, Kecamatan Pallangga, Kabupaten Gowa. 

Acara ini dibuka Kepala Desa Jenetallasa, Asrul.ST. dan diikuti 50 pemuda Desa Jenetalla serta mahasiswa KKN Tematik Universitas Hasanuddin. 

Dr. Syarifuddin.,SE.,Ak.,M.Soc.Sc.,CA, salah satu anggota tim mengatakan, pengabdian Masyarakat ini bertujuan meningkatkan kemampuan masyarakat dalam menyusun proposal kegiatan.

Ratna selaku pimpinan tim menjelaskan, selama ini program yang diajukan masyarakat lewat Musrembang Desa, banyak yang tidak diakomodir oleh pemerintah kabupaten, karena proposal kegiatannya tidak memenuhi kaidah sebuah usulan program. 

Unhas Sapa Pemuda Desa Jenetallasa

Selama itu, masyarakat desa pesimis dengan Musrembang yang dianggap sebagai seremonial belaka, karena usulan masyarakat akhirnya toh tidak diterima. 

Loading...

Menurut Ratna, hal ini terjadi karena beberapa usulan masyarakat tidak disesuaikan dengan Renstra daerah, sehingga tampak sebagai kegiatan yang sekonyong-konyong muncul.

Unhas Sapa Pemuda Desa JenetallasaSelain itu tambahnya, analisis masalah dan solusi yang melatarbelakangi usulan kegiatan belum dilakukan. Sehingga, rasionalitas usulan tersebut belum tersedia. 

Kegiatan ini disambut antusias masyarakat Desa Jennetallasa. Mereka mengukuti ceramah dan diskusi dengan penuh semangat, terutama dalam focus group discussion yang dilakukan menjelang akhir acara ini. 

Menutup acara ini, kepala desa mengharapkan kegiatan semacam ini berlangsung secara berkesinambungan.

Tags
Loading...
Loading...