Sabtu, 27 Juli 2019 21:45 WITA

2 Doktor Lulusan Unhas Bawa Materi Pengelolaan Keuangan di KKL STIEM Bongaya

Editor: Aswad Syam
2 Doktor Lulusan Unhas Bawa Materi Pengelolaan Keuangan di KKL STIEM Bongaya
Suasana seminar dan workshop keuangan keluarga dan pengelolaan BUMDES di Takalar.

RAKYATKU.COM, TAKALAR - Mahasiswa Kelompok VI Kuliah Kerja Lapangan (KKL) STIEM Bongaya angkatan XXXIX Tahun akademik 2018/2019, menggelar kegiatan program kerja inti sebagai bagian dari rangkaian kegiatan pengabdian masyarakat di Desa Su’rulangi, Kecamatan Polombangkeng Utara, Kabupaten Takalar. 

Kegiatan ini dihadiri oleh Camat Polombangkeng Selatan yang merupakan PLT Kepala Desa Su’rulangi, ibu-ibu PKK, perangkat desa, Karang Taruna serta jajaran P3M STIEM Bongaya. Kegiatan yang digelar Sabtu, 27 Juli 2019, bertempat di Aula Kantor Desa Su’rulangi, Kecamatan Polombangkeng Selatan, Kabupaten Takalar ini, diikuti 50 lebih peserta.

Kegiatan ini merupakan realisasi dari program kerja inti yang telah diseminarkan sebelumnya. Adapun workshop dan seminar ini, membahas masalah mengenai pengelolaan keuangan, mulai dari pencatatan sampai dengan pertanggungjawaban. Kemudian dirangkaikan dengan seminar pengelolaan keuangan keluarga, yang membahas seputar keuangan keluarga, lengkap dengan tips dan trik mengelola keuangan dalam keluarga. 

Pada sesi pertama, materi diisi oleh Dr. Muhammad Irfai Sohilauw, S.Kom., M.M (dosen tetap yayasan Pendidikan Bongaya Ujung Pandang/YBPUP). Doktor lulusan Unhas ini, membawakan materi dengan judul “Pengelolaan Keuangan Keluarga”. Peserta yang mayoritas ibu-ibu PKK sangat antusias. Selain karena materi dikemas secara interaktif, materi yang dibawakan sangat relevan dengan keadaan sehari-hari. Materi semakin menarik karena diselingi dengan pemberian souvenir bagi peserta yang mampu menjawab pertanyaan yang diberikan. Di akhir sesi, pemateri menyempatkan untuk mensosialisasikan tentang penerimaan mahasiswa baru STIEM Bongaya tahun 2019.

2 Doktor Lulusan Unhas Bawa Materi Pengelolaan Keuangan di KKL STIEM Bongaya

Loading...

Pada sesi selanjutnya, materi ini mengenai pengelolaan keuangan BUMDES dibawakan langsung oleh Dr. Hj. Marwah Yusuf, SE., MM., Ak., CA yang juga merupakan dosen tetap yayasan Pendidikan Bongaya Ujung Pandang (YBPUP). Doktor lulusan Unhas ini, merupakan spesialis di bidang keuangan Desa. Materi yang dibagi dua bagian ini (Pengenalan BUMDES dan Akuntansi Desa), dikemas secara ringan, sehingga peserta mampu menangkap tujuan dari materi tersebut. Pemateri bersyukur, seminar dihadiri langsung oleh orang-orang yang berkecimpung di bidang keuangan desa, yakni, Camat Polombangkeng selatan, Pengelola BUMDES, dan penerima dana BUMDES. Pemateri langsung berinteraksi dengan pengelola BUMDES dan memberikan saran-saran demi perbaikan pengelolaan dana BUMDES ke depannya.

Workshop dan Seminar Pengelolaan Keuangan ini, ditutup oleh Camat Polombangkeng Selatan, dan beliau berharap kegiatan ini dapat berlanjut, jangan hanya sampai berhenti di kegiatan ini saja.

Kegiatan diakhiri dengan pemberian souvenir, sertifikat terhadap pemateri, Pak Camat, Ketua BUMDES, dan perwakilan peserta. Acara dilanjutkan dengan sesi foto bersama.

Loading...
Loading...