Minggu, 21 Juli 2019 23:53 WITA

Mahasiswa UNM Ciptakan Inovasi Filterisasi Air di Sidrap

Penulis: Muh. Ishak Agus
Editor: Ibnu Kasir Amahoru
Mahasiswa UNM Ciptakan Inovasi Filterisasi Air di Sidrap
Foto/Ist.

RAKYATKU.COM - Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata Pembelajaran Pemberdayaan Masyarakat (KKN-PPM) Universitas Negeri Makassar (UNM) menciptakan tiga inovasi yang menguntungkan masyarakat Kabupaten Sidrap.

Tiga inovasi tersebut diantaranya menciptakan sistem penjernihan air, inovasi pembuatan kripik sayur, dan seminar manajemen pembukuan usaha sederhana. Inovasinya tersebut mendapat apresiasi dari warga Desa Aka-akae, Kecamatan Watansidenreng, Sidrap. 

Kordinator Desa (Kordes), Ahmad Firmansyah mengatakan, kegiatan ini sengaja digelar guna memaparkan program kerja baik program utama maupun tambahan, agar warga sekitar dapat lebih paham sehingga mampu berpartisipasi aktif pada saat pelaksanaan nantinya. 

"Mudah-mudahan dengan hadirnya warga hari ini, bisa lebih memudahkan kami dalam pelaksanaan program nantinya," kata Ahmad dalam sambutannya di Aula Kantor Desa Aka-akae, Sabtu (20/7/2019).

Ahmad menambahkan, program kerja penjernihan air ini bertujuan untuk filterisasi atau menyaring air tanah maupun sungai dari kotoran dan bakteri menggunakan alat penjernihan air sehingga kualitas air menjadi lebih baik.

Loading...

Plt Kepala Desa, Muh Husni mengapresiasi hadirnya program ini sebagai solusi dari permasalahan warga terhadap air yang ada di Desa Aka-akae. 

Menurutnya, selama ini air yang digunakan untuk keperluan sehari-hari terlihat cukup jernih namun dari hasil observasi menunjukkan bahwa zat kapur pada air masih tinggi sehingga dianggapnya kurang sehat untuk dikonsumsi. 

"Kami atas nama warga setempat mendukung setiap program yang ada. Apalagi masalah kita disini airnya tidak sehat kalau diminum," ujarnya.

Program ini diharapkan dapat memberikan dampak yang positif terhadap masyarakat. Beberapa tokoh masyarakat, pimpinan lingkungan, Babinsa, dan Babinkamtibmas Desa Aka-akae turut hadir dalam seminar tersebut.

Tags
Loading...
Loading...