Jumat, 19 Juli 2019 19:29 WITA

Cerita Pilu Mahasiswa Disabilitas Tuli PLB UNM tentang Dosennya Tak Tahu Berbahasa Isyarat

Penulis: Deni Indrawan
Editor: Nur Hidayat Said
Cerita Pilu Mahasiswa Disabilitas Tuli PLB UNM tentang Dosennya Tak Tahu Berbahasa Isyarat
Nisria Nurul Magfira.

RAKYATKU.COM, MAKASSAR - Salah Seorang nahasiswa di kampus Universitas Negeri Makassar (UNM) sedih karena dosennya tidak tahu menggunakan bahasa isyarat Indonesia (Bisindo).

Dia adalah Nisria Nurul Magfira, mahasiswa penyandang disabilitas tuli Prodi Pendidikan Luar Biasa (PLB) di Fakultas Ilmu Pendidikan UNM. Gadis pemilik lesung pipi ini masuk di kampus yang dikenal sebagai pencetak guru ini melalui jalur mandiri pada 2017 lalu.

Anggi sapaan karib mahasiswa penyandang disabilitas tuli ini kesulitan memahami materi perkuliahan karena dosen hanya tahu menggunakan bahasa oral di kelas dan tidak memiliki kompetensi menggunakan bahasa isyarat, khususnya Bisindo.

"Saya tidak mendapat akses untuk mendapatkan informasi apa yang disampaikan dosen karena menggunakan bahasa oral. Jadi banyak materi yang saya tidak pahami," ungkapnya dengan raut wajah sedih kepada Rakyatku.com di Hotel Aston Makassar, Jumat (19/7/2019).

Sejak semester satu hingga masuk semester lima, Anggi harus belajar sendiri dengan cara membaca buku terkait materi yang diajarkan oleh dosennya. Sesekali dia dikelas bertanya kepada teman sebangku kuliahnya, namun dirinya merasa mengganggu konsentrasi rekannya.

"Saya hanya belajar dari buku dan tidak banyak bisa saya pahami dari situ. Saya juga berusaha bertanya kepada teman terkait materi yang disampaikan oleh dosen. Tapi tidak selamanya, karena saya takut mengganggu konsentrasi teman saat belajar di kelas," bebernya.

Loading...

Anggi menceritakan pernah berusaha untuk mendapat akses informasi dengan meminta pihak kampus untuk menyediakan penerjemah atau interpreter. Namun, pihak kampus menolak dengan alasan harus mengeluarkan biaya.

"Pihak kampus mengatakan apabila menyediakan interpreter, berarti harus mengeluarkan anggaran," pungkasnya.

Sementara diketahui Prodi PLB UNM salah satu visinya adalah sebagai salah satu pusat penyelenggara pendidikan luar biasa yang melaksanakan kegiatan pendidikan, peneliitian, dan pengabdian kepada masyarakat, pengembangan dan aplikasi teknologi pendidikan luar biasa.

Salah satu misinya adalah Menyelenggarakan program pendidikan khusus yang profesional, handal, dan kompetitif yang menjunjung nilai-nilai kepribadian luhur.

Loading...
Loading...