Senin, 15 Juli 2019 22:43 WITA

772 Calon Mahasiswa Poltekpar Makassar Tes Jalur SMM Kategori Umum

Editor: Adil Patawai Anar
772 Calon Mahasiswa Poltekpar Makassar Tes Jalur SMM Kategori Umum

RAKYATKU.COM, MAKASSAR - Politeknik Pariwisata (Poltekpar) Negeri Makassar menggelar ujian/tes calon mahasiswa yang mendaftar pada jalur Seleksi Mandiri Masuk (SMM) Kategori Umum, Senin (15/7/2019).

Kegiatan ujian seleksi tersebut berlangsung dengan lancar di ruang-ruang perkuliahan dan aula yang diikuti 772 peserta. Proses tes secara keseluruhan dilaksanakan selama tiga hari mulai tanggal 15 Juli hingga 17 Juli 2019. Dengan materi ujian Psikotest, Tes Tulis Bahasa Inggris, Wawancara dan Pemeriksaan Kesehatan.

Penerimaan Mahasiswa Baru di Poltekpar Negeri Makassar memiliki dua jalur masuk yakni Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri Pariwisata (SBMPTNP) dan Seleksi Mandiri Masuk (SMM). Penerimaan melalui jalur SMM sendiri terdiri atas tiga kategori yakni kategori umum, kategori bebas ujian tulis bagi siswa berprestasi dan Kategori Bantuan Biaya Pendidikan bagi siswa berprestasi namun kurang mampu secara ekonomi.

Plt. Direktur Poltekpar Makassar, Drs. Muhammad Arifin, M.Pd. seusai melakukan pemantauan pelaksanaan ujian seleksi mengatakan, jumlah mahasiswa baru yang akan diterima pada Jalur SMM Kategori Umum sebanyak 345 orang. Seluruh Peserta diwajibkan mengikuti seluruh materi tes/ujian yang ada, apabila peserta tidak mengikuti salah satunya maka akan dinyatakan gugur.

"Mereka wajib mengikuti seluruh tes yakni Psikotes, Tes Tulis Bahasa Inggris, Wawancara dan Pemeriksanaa Kesehatan. Proses pemeriksaan kesehatan dilaksanakan oleh masing-masing peserta di rumah sakit Pelamonia Makassar dengan membawa surat Kartu Peserta Seleksi. Pihak sakit akan melakukan pemeriksaan meliputi berat badan, tekanan darah, mata, narkoba, dan paru-paru," jelas Arifin.

Sementara itu Kepala Sub Bagian Adminitrasi Kemahasiswaan, Syafruddin, S.H., MM. mengatakan pada bulan Mei yang lalu Poltekpar Makassar bersama 5 Perguruan Tinggi Negeri Pariwisata (PTNP) yang berada dibawah naungan Kementerian Pariwisata juga telah melaksanakan ujian tes melalui Jalur SBMPTNP dengan jumlah peserta seleksi sebanyak 564 orang dan 208 Peserta dinyatakan lulus.

Kemudian 28 orang juga telah dinyatakan lulus melalui Jalur SMM Kategori Bebas Tes dan Kategori Bantuan Biaya Pendidikan bagi siswa berprestasi namun kurang mampu secara ekonomi.

"Mahasiswa baru tersebut akan didistribusikan ke enam program studi yakni Program Studi D3 Manajemen Divisi Kamar, D3 Manajemen Tata Hidangan, D3 Seni Kuliner, D4 Manajemen Bisnis Konvensi dan Perhelatan, D3 Manajemen Bisnis Jasa Perjalanan Wisata, D4 Usaha Perjalanan Wisata," tutupnya.

Loading...
Loading...