Rabu, 19 Juni 2019 20:57 WITA

P3M Poltekpar Makassar Gelar Penyuluhan Kepariwisataan di Maluku

Editor: Adil Patawai Anar
P3M Poltekpar Makassar Gelar Penyuluhan Kepariwisataan di Maluku

RAKYATKU.COM, MAKASSAR - Pusat Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (P3M) Politeknik Pariwisata Makassar menyelenggarakan Penyuluhan Bidang Kepariwisataan Berbasis Wisata Museum, Rabu (19/6/2019) di Kabupaten Pulau Morotai, Provinsi Maluku Utara.

Kegiatan tersebut dibuka oleh Kepala Dinas Pariwisata Kabupaten Pulau Morotai, Nona N Duwila, S.H M.Si. Dalam sambutannya Nona berterimakasih kepada Politeknik Pariwisata Makassar yang bersedia kembali mengadakan kegiatan penyuluhan di Kabupaten Pulau Morotai untuk kedua kalinya.

"Kami juga mengucapkan terima kasih kepada pemerintah pusat karena telah memberikan anggaran untuk pengembangan di Pulau Dodola dan sangat mengharapkan kegiatan ini berkelanjutan termasuk mengadakan Bimtek tentang pemandu wisata di kab kepulauan Morotai," katanya.

Adapun narasumber pada kegiatan tersebut adalah Amir Hamzah, S.Pd., M.Hum yang membawakan materi Museum Sebagai Daya Tarik Wisata dan Dr. Windra Aini S.E M.M yang membawakan materi Teknik Pemandu Wisata Museum, Keduanya merupakan dosen di Kampus Politeknik Pariwisata Makassar.

Sekretaris P3M Poltekpar Makassar Lily Dianafitri Hasan yang mewakili Direktur Poltekpar Makassar saat memberikan sambutan mengatakan Poltekpar Makassar berkomitmen untuk mendukung pengembangan pariwisata di Kabupaten Pulau Morotai terutama di bidang pengembangan Sumber Daya Manusia (SDM).

Adapun tema Pariwisata Berbasis Museum yang dipilih sebagai tema penyuluhan dilatarbelakangi adanya dua museum di Kabupaten Pulau Morotai itu sendiri yakni Museum Perang Dunia ke 2 dan Museum Trikora yang menyimpan banyak peninggalan masa perang dan dapat menjadi daya tarik wisatawan untuk datang jika dikelola dengan baik.

"Kegiatan Penyuluhan di Kabupaten Pulau Morotai ini merupakan yang kedua kalinya dilaksanakan, selain kegiatan penyuluhan Politeknik Pariwisata Makassar juga telah memilih Kabupaten Pulau Morotai sebagai lokasi pelaksanaan Penelitian Institusi pada tahun 2018 lalu," jelasnya.

Loading...
Loading...