Sabtu, 15 Juni 2019 18:21 WITA

UPN Veteran Bukan Jalur Prestasi Bagi YouTuber Dengan Subscribers 10 ribu

Editor: Adil Patawai Anar
UPN Veteran Bukan Jalur Prestasi Bagi YouTuber Dengan Subscribers 10 ribu

RAKYATKU.COM - Universitas Pembangunan Nasional Veteran Jakarta (UPNVJ) membuka peluang untuk para YouTuber masuk sebagai mahasiswa dengan jalur prestasi. Salah satu syaratnya, wajib memiliki content dengan jumlah subscribers minimal 10 ribu.

Syarat unik itu mulai diberlakukan UPNVJ pada tahun ajaran ini. Rektor UPNVJ, Erna Hernawati menjelaskan, jalur prestasi merupakan proses seleksi yang dilakukan dengan cara menggabungkan nilai Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK) dan prestasi akademik atau non akademik. Salah satu cakupan bidang prestasi dalam Seleksi Mandiri atau SEMA itu adalah YouTube content creator.

“Calon peserta yang dapat mengikuti jalur ini adalah mereka yang memiliki subscribers (asli) dengan jumlah minimal 10 ribu subscribers. Memiliki minimal dua video dengan masing-masing minimal 100.000 viewers (penonton),” katanya seperti dilansir viva, Sabtu 15 Juni 2019.

Selain jumlah viewer dan subscribers, syarat yang paling penting lainnya ialah konten yang disajikan bersifat mendidik dan positif. “Tentu ada syarat yang lebih penting, kriteria content-nya harus bermanfaat, mendidik, kreatif, inspiratif, orisinal, menarik, dan memenuhi standar editing serta kualitas gambar yang baik,” tutur Erna.

Kemudian, pada saat pendaftaran calon peserta wajib mengunggah bukti screenshot dari profil saluran YouTube dan menyertakan alamat link channel YouTube calon peserta yang selanjutnya akan divalidasi oleh tim seleksi. 

“Bagi mereka yang memenuhi kriteria tersebut, maka wajib mengikuti uji keterampilan berupa pembuatan video berdurasi 3 sampai 5 menit dengan tema yang ditetapkan panitia menggunakan peralatan/perlengkapan masing-masing,” ungkapnya.

Loading...

Selain YouTuber, cakupan bidang prestasi dalam SEMA UPNVJ juga meliputi bidang olimpiade sains, olahraga, dan seni peringkat 1-3 untuk tingkat kabupaten atau kota, provinsi, nasional, serta internasional 3 tahun terakhir.

Kemudian, ada juga jalur prestasi untuk penghafal Alquran atau Hafiz Alquran minimal 5 Juz, ketua OSIS selama sekurangnya satu periode. Jalur prestasi ini mendapatkan kuota sebanyak 10 persen dari jalur mandiri. 

Kuota itu terdiri atas bidang olimpiade sains 2 persen, olahraga dan seni 2 persen, Hafiz Alquran 2 persen, ketua OSIS 2 persen, dan YouTube content creator 2 persen. Jalur prestasi ini berlaku untuk seluruh program studi kecuali program studi Kedokteran dan program studi Farmasi.

Bagi calon mahasiswa yang dinyatakan memenuhi syarat akan diumumkan pada Selasa, 23 Juli 2019 dan selanjutnya diwajibkan untuk mengikuti uji keterampilan dan tes ulang hafalan yang akan dilaksanakan pada Rabu, 24 Juli 2019 sampai dengan Kamis, 25 Juli 2019.

Untuk uji keterampilan YouTube content creator bertempat di  Auditorium Bhinneka Tunggal Ika, Lantai 4, Gedung Rektorat, Kampus Pondok Labu UPN Veteran Jakarta. Selanjutnya, untuk tes ulang hafalan Alquran bertempat di Masjid Mambaul Ullum UPN “Veteran” Jakarta  Kampus Pondok Labu.

Loading...
Loading...