Kamis, 30 Mei 2019 20:17 WITA

Selama Ramadan, Mahasiswa Polinas Lp3i Makassar Wajib Kultum Sebelum Perkuliahan

Editor: Adil Patawai Anar
Selama Ramadan, Mahasiswa Polinas Lp3i Makassar Wajib Kultum Sebelum Perkuliahan
Dosen Polinas Lp3i Makassar, Azwar Wijaya Syam.

RAKYATKU.COM, MAKASSAR - Polinas Lp3i Makassar mewajibkan mahasiwa atau mahasiswinya membawa kultum sebelum perkuliahan. Hal digelar selama proses belajar mengajar di bulan ramadan.

Salah satu dosen Polinas Lp3i Makassar, Azwar Wijaya Syam yang juga pencetus ide kultum ini mengatakan, selama bulan puasa sebaiknya setiap orang berkompetisi untuk mencari pahala selain untuk mengejar Ridho Allah, tak terkecuali mahasiswa.

"Karena ramadan pahala kita dilipat gandakan oleh Allah SWT, sehingga kita harus berlomba untuk mencari ladang pahala. Proses belajar mengajar ini juga adalah ibadah, namun untuk lebih menghidupkan suasana Ramadhan di dalam kelas selama bulan puasa ini saya mencoba mendorong mahasiswa/I untuk kultum sebelum kelas dimulai," jelasnya.

Ia menjelaskan, tak hanya kultum, Polinas memiliki konsep 5 menit di dalam kelas, baik itu berupa motivasi, cerita berhikmah atau pesan-pesan moral kepada mahasiswa sebelum perkuliahan.

"Tapi menurut saya alangkah bagusnya kalau konsep 5 menit ini saya serahkan ke mahasiswa untuk ber-kultum sebelum memulai perkuliahan, tujuannya selain untuk menghidupkan bulan suci Ramadhan ini juga melatih kepercayaan diri dan public speaking peserta kuliah," pungkasnya.

Loading...
Loading...
Loading...