Selasa, 07 Mei 2019 18:30 WITA

Selamat, Mahasiswi Psikologi Unibos Raih Juara Favorit Ajang Duta Bahasa Sulsel

Editor: Adil Patawai Anar
Selamat, Mahasiswi Psikologi Unibos Raih Juara Favorit Ajang Duta Bahasa Sulsel

RAKYATKU.COM, MAKASSAR -Prestasi kembali ditorehkan mahasiswa Universitas Bosowa (Unibos). Prestasi kali ini diukir oleh Astiwi Safitri, mahasiswi Fakultas Psikologi Unibos yang berhasil meraih juara favorit dalam ajang Duta Bahasa se-Sulawesi Selatan tahun 2019 yang diselenggarakan di Mall Pipo Makassar.

Dalam ajang Duta Bahasa tersebut juga terlibat Dra. Zainab, M.Hum, Prof. Dr. Anshari, M.Pd, Dra. Nasmila, Dip. TESL, M. A., Ph. D, Eva Maizara Puspita Dewi, S.Psi, M.Psi sebagai dewan juri.

Sebelum meraih juara favorit, Astiwi Safitri mengikuti beberapa tahap. Termasuk, seleksi berkas meliputi biodata dan esai yang bertema “Sikap Generasi Muda Dalam Pengutamaan Bahasa Indonesia”, lolos dalam tes UKBI (Uji kemahiran Berbahasa Indonesia) dan mengikuti persentasi esai dan tanya jawab, wawancara kepribadian, tes kaidah kebahasaan dan penguasaan bahasa juga orasi kebahasaan dan sesi tanya jawab pada sesi grand final.

Kegiatan yang diselenggarakan oleh Balai Bahasa Provinsi Sulawesi Selatan ini diikuti 50 peserta. Astiwi Safitri, usai meraih juara tersebut menuturkan beberapa tanggapannya terkait pelaksanaan kegiatan ini.

“Sebelumnya saya juga pernah mengikuti beberapa event pemilihan duta. Tetapi diantara semuanya, ini event yang terberat. Karena disini kina melalui masa karantina dimana bukan hanya berkompetisi tapi memberiikan bekal kompetensi berbahasa”, tutur Astiwi.

“Saya berharap dengan perkembangan era saat ini yang semakin pesat, generasi muda lebih sadar akan pentingnya berbahasa yang baik dan benar dan tidak malu berbahasa daerah sebab kedua hal itu adalah identitas kita, bahasa menunjukkan siapa bangsa kita”, tambahnya.

Loading...
Loading...