Kamis, 04 April 2019 17:51 WITA

Andi Fadli Berbagi Pengalaman Dunia Jurnalistik di ATKP Makassar

Penulis: Azwar Basir
Editor: Ibnu Kasir Amahoru
Andi Fadli Berbagi Pengalaman Dunia Jurnalistik di ATKP Makassar
Foto/Azwar.

RAKYATKU.COM, MAKASSAR - Mantan ketua Aliansi Jurnalis Indpenden (AJI) Makassar, Andi Fadli menjadi pembicara di pelatihan jurnalistik yang digelar Akademi Teknik Keselamatan Penerbangan (ATKP) Makassar, Kamis (4/4/2019).

Dalam pelatihan tersebut, Andi Fadli bercerita tentang pengalaman dirinya mengenyam dunia jurnalistik selama kurang lebih 25 tahun. Dosen UIN Alauddin Makassar ini bergelut di dunia jurnalistik sejak tahun 1998. 

"Hampir 25 tahun saya bekerja di dunia jurnalistik. Hingga pernah saya meliput perang. Pekerjaan ini sangat mulia seperti pekerjaan Nabi, menginformasikan hal-hal yang dianggap benar," kata Andi Fadli. 

Selain itu, Andi Fadli juga menjelaskan tentang dasar-dasar jurnalistik hingga pengertian secara umum.

"Jurnalis adalah orang yang bekerja mencari, mengumpulkan, dan mengedit naskah berita untuk disebarluaskan kepada khalayak. Baik dalam bentuk media cetak, radio, TV serta online," bebernya.

Loading...

Andi Fadli Berbagi Pengalaman Dunia Jurnalistik di ATKP Makassar

Untuk membuat karya yang jurnalistik yang baik, kata dia, tidak hanya dibutuhkan pengalaman, namun harus juga ditempuh melalui bangku kuliah. 

"Jurnalis yang baik pasti menulis dan mengambil gambar secara profesional. Jurnalis bukan pekerjaan biasa tapi harus melalui jenjang sekolah atau kuliah. Jurnalis harus disertifikasi mulai dari mulai madya hingga utama oleh Dewan Pers bersama organisasi jurnalis yang diakui, salah satunya AJI, " tutupnya. 

Loading...
Loading...