Sabtu, 23 Maret 2019 20:20 WITA

Target Akreditasi A, Dosen PBSI UNM Matangkan Borang Akreditasi

Penulis: Deni Indrawan
Editor: Abu Asyraf
Target Akreditasi A, Dosen PBSI UNM Matangkan Borang Akreditasi
Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia (PBSI) Universitas Negeri Makassar sedang mematangkan persiapan reakreditasi.

RAKYATKU.COM,MAKASSAR - Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia (PBSI) Universitas Negeri Makassar sedang mematangkan persiapan reakreditasi.

PBSI merupakan prodi tertua dalam sejarah UNM. Prodi ini secara resmi lahir pada tahun 1983. Prodi tersebut masih terakreditasi B sejak 20 Desember dan berlaku hingga 20 Desember 2021.

Ketua Prodi PBSI, Azis mengatakan, pihaknya telah membentuk tim khusus untuk menyiapkan segala kebutuhan jelang reakreditasi.

"Tim yang dibentuk bertujuan untuk memenuhi dokumen terkait tujuh standar dalam borang akreditasi. Termasuk juga perubahan visi dan misi," ungkapnya kepada Rakyatku.com, Sabtu (23/3/2019).

Azis menyebutkan, salah satu yang menjadi sorotan dalam proses reakreditasi adalah hasil Uji Kompetensi Bahasa Indonesia (UKBI) mahasiswa.

"Salah satu yang disorot dalam standar borang pada reakreditasi nanti adalah hasil UKBI mahasiswa dalam kurun waktu 2014 sampai 2018. Juga profesionalisme dosen yang tercantum namanya dalam borang akreditasi," bebernya.

Sementara itu, Wakil Dekan I Bidang Akademik FBS UNM, Ramly mengatakan, terkait reakreditasi pihaknya berusaha mendapatkan nilai yang terbaik.

"Kita berusaha mendapatkan nila A. Apabila kita reakreditasi dan hasilnya sama, itu pemborosan. Artinya juga kita belum siap untuk reakreditasi prodi yang lain," kata Ramly kepada Rakyatku.com. 

Ramly menjelaskan, hasil reakreditasi sangat penting bagi mahasiswa yang saat ini. Sebab katanya, nilai akreditasi akan berpengaruh pada profesi pemerintahan yang hendak dilamar alumni.

"Karena memang di dalam sistem penghargaan pemerintahan kepada lulusan salah satunya didasarkan pada akreditas prodi. Selain itu, banyak sekali pelibatan sumber daya prodi mempertimbangkan nilai akreditasi," ujarnya.

Loading...
Loading...

Berita Terkait