Senin, 18 Maret 2019 19:02 WITA

Kementerian Pariwisata Resmi Buka Pendaftaran SBMPTNP 2019, Ini Tahapan Lengkapnya

Penulis: Nurul Fadila
Editor: Nur Hidayat Said
Kementerian Pariwisata Resmi Buka Pendaftaran SBMPTNP 2019, Ini Tahapan Lengkapnya
Kementerian Pariwisata meluncurkan website pendaftaran Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri Pariwisata (SBMPTNP), Senin (18/3/2019) di Balairung I Wayan Bendhi Kampus Politeknik Pariwisata Makassar.

RAKYATKU.COM, MAKASSAR - Kementerian Pariwisata meluncurkan website pendaftaran Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri Pariwisata (SBMPTNP), Senin (18/3/2019) di Balairung I Wayan Bendhi Kampus Politeknik Pariwisata Makassar.

Terdapat enam Perguruan Tinggi Negeri Pariwisata (PTNP) yang dinaungi Kementerian Pariwisata yakni, Sekolah Tinggi Pariwisata (STP) Bandung, Sekolah Tinggi Pariwisata (STP) Nusa Dua Bali, Politeknik Pariwisata (POLTEKPAR) Makassar, Poltekpar Medan, Poltekpar Palembang, dan Poltekpar Lombok. 

Di bawah naungan Kementerian Pariwisata, SBMPTNP dimulai sejak 2016 yang diinisiasi oleh Menteri Pariwisata Republik Indonesia Arief Yahya.

Ketua Panitia SBMPTNP Tahun 2019, Dewa Gede Ngurah Byomantara mengatakan tujuan dari seleksi bersama ini adalah untuk memberikan akses yang lebih memudahkan dan kesempatan lebih besar bagi lulusan sekolah menengah atas (SMA/SMK/MA/MAK) di seluruh Indonesia untuk mendapatkan pendidikan tinggi berkualitas dan berstandar global.

"Terbuka kesempatan bagi peserta tes untuk memilih perguruan tinggi dan program studi manapun di antara keenam perguruan tinggi tersebut tanpa harus mengikuti tes di kota tempat perguruan tinggi tersebut berada," bebernya. 

Loading...

"Peserta tes dari Medan yang ingin masuk ke Sekolah Tinggi Pariwisata (STP) Bandung atau Politeknik Pariwisata Makassar tidak perlu ke Bandung atau Makassar tetapi cukup mengikuti test di Medan," urai Dewa Gede Ngurah Byomantara yang juga Ketua STP Nusa Dua Bali.

Pendaftaran dapat dilakukan melalui website http://sbmptnp.kemenpar.go.id. 

Berikut Jadwal Pelaksanaan SBMPTNP 2019:
-Pendaftaran    : 18 Maret-2 Mei 2019
-Ujian Tahap 1  : 6-10 Mei 2019
       1. Psikologi 
       2. Bahasa Inggris 
       3. Wawancara 
-Pengumuman Tahap 1 : 20 Mei 2019
-Ujian Tahap 2 : 24 Mei 2019
        1. Pemeriksaan Kesehatan 
-Pengumuman Tahap 2 : 29 Mei 2019 
-Pendaftaran Kembali : 10-14 Juni 2019. 

Loading...
Loading...