Minggu, 24 Februari 2019 17:24 WITA

Dosen Farmasi UMI Ajak Masyarakat Gunakan Obat Secara Nasional

Editor: Adil Patawai Anar
Dosen Farmasi UMI Ajak Masyarakat Gunakan Obat Secara Nasional

RAKYATKU.COM, MAKASSAR -Perhatian pemerintah tentang penggunaan obat yang rasional didengungkan dalam bentuk kegiatan GEMA CERMAT “Gerakan Masyarakat Cerdas Menggunakan Obat”.

Hal ini dilakukan karena maraknya penggunaan obat yang tidak tepat sasaran pada masyarakat sehingga malah menimbulkan masalah yang lain. Kurangnya keterampilan masyarakat dalam mencari informasi obat menjadi salah satu penyebab masyarakat tidak mengetahui obat yang digunakan.

Sehingga dosen Fakultas Farmasi Univeristas Muslim Indonesia (UMI) melakukan pengabdian untuk memberikan penyuluhan dan pelatihan tentang penggunaan obat di desa Bontokassi dengan audience Kader PKK desa Bontokassi Gowa.

"Hal ini dilakukan tujuan utamanya adalah untuk meningkatkan pengetahuan masyarakat dan melatih masyarakat untuk bisa mencari informasi obat secara mandiri dan cepat. Sehingga hal ini bisa menjadi barrier untuk masyarakat dalam memahami penggunaan obat," terang Ketua Tim Sitti Amirah, Apt.

Loading...

Kegiatan yang dilakukan berupa penyuluhan kepada Ibu Kader PKK dan pelatihan secara langsung dengan metode CBIA untuk melatih secara langsung untuk pencarian informasi obat. Antusiasme masyarakat cukup tinggi dan kegiatan ini menjadi wadah sharing masyarakat setempat kepada dosen fakultas farmasi tentang penggunaan obatnya.

Kegiatan ini disambut baik oleh pihak desa dan warga. Diharapkan kegiatan ini dapat terus dilakukan dan dapat meningkatkan pengetahuan masyarakat tentang penggunaan obatnya.

Loading...
Loading...