Sabtu, 23 Februari 2019 23:44 WITA

Pengetahuan Obat dalam Keseharian dari Dosen Fakultas Farmasi UMI

Editor: Adil Patawai Anar
Pengetahuan Obat dalam Keseharian dari Dosen Fakultas Farmasi UMI

RAKYATKU.COM, MAKASSAR -Penggunaan obat yang sembarangan tanpa informasi yang jelas di masyarakat menjadi sebuah problematika yang masih sering terjadi.

Kesalahan pemberian obat secara mandiri, bukannya memperbaiki kondisi kesehatan malah terjadi sebaliknya. Hal ini disebabkan kurangnya pengetahuan masyarakat tentang penggunaan obat secara rasional, baik cara penggunaan, aturan pakai, lama pemberian dan lain-lain.

Hal ini akibat karena masyarakat hanya mengandalkan informasi yang berasal dari iklan obat dan pengetahuan sendiri yang masih terbatas.

Pengabdian yang dilakukan dosen Fakultas Farmasi Universitas Muslim Indonesia (UMI) ini merupakan kegiatan penyuluhan tentang penggunaan obat yang rasional sebagai upaya pemberdayaan masyarakat dalam pengobatan sendiri.

Dengan demikian, melalui kegiatan penyuluhan tersebut diharapkan akan meningkatkan pengetahuan masyarakat tentang penggunaan obat-obatan yang rasional.

Tujuan dari pengabdian ini adalah meningkatkan pengetahuan masyarakat tentang penggunaan obat-obatan secara rasional. Menyebarkan informasi kepada masyarakat luas tentang pentingnya pengetahuan penggunaan obat agar tidak terjadi kesalahan dalam penggunaan obat.

Loading...

"Untuk teknologi pengetahuan yang diberikan merupakan pembagian buku saku tentang penggunaan obat," kata Ketua Tim Safriani Rahman, Apt.

Lokasi pengabdian kali ini adalah desa Bontokassi Gowa dan yang menjadi sasarannya adalah Ibu Majelis Taklim Khusnul Khatimah.

Dosen fakultas farmasi memberikan pengetahuan umum tentang apa saja yang harus dilakukan untuk memperoleh informasi dan dimana nantinya informasi obat tersebut dapat dilihat untuk membantu selama penggunaan obat.

"Hal sederhana yang dilakukan tetapi diharapkan berdampak besar untuk keseharian masyarakat terutama untuk warga desa Bontokassi Gowa," pungkasnya.

Loading...
Loading...